Find Us On Social Media :

Cacar Monyet Menyebar di Eropa dan Amerika, Kenali Cara Penularannya

Penularan infeksi cacar monyet ke manusia. Waspadai gejalanya.

GridHEALTH.idMonkeypox atau dikenal juga dengan cacar monyet, kasusnya telah terdeteksi di sejumlah negara, di Eropa dan Amerika Serikat.

Kasus cacar monyet pertama dilaporkan di Inggris pada awal bulan ini dan pria tersebut menjalani perawatan di pusat spesialis penyakit menular. Kemudian kasus lain muncul dan dikonfirmasi pada Jumat (13/05/2022).

Portugal telah mengonfirmasi lima kasus cacar monyet dan Spanyol masih melakukan pengujian terhadap 23 kasus, yang diduga monkeypox. Sementara di Amerika Serikat dliaporkan satu kasus.

Dilansir dari Al Jazeera, Kanada menjadi negara selanjutnya yang tengah mengidentifikasi adanya 13 kasus dugaan cacar monyet di Montreal.

Kementerian kesehatan negara bagian Quebec mengatakan, telah diberitahu mengenai seseorang dengan kasus yang dikonfirmasi telah melakukan perjalanan ke provinsi tersebut.

Seperti namanya, penyakit ini pertama kali ditemukan pada monyet tahun 1958. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus cacar monyet ini dapat menular ke manusia dari hewan liar seperti hewan pengerat dan primata.

Namun, penularan cacar monyet dari manusia ke manusia juga memungkinkan. Penularan umumnya terjadi jika terkena lesi atau lepuh, cairan tubuh, droplet, dan barang yang sudah terkontaminasi.

Mengonsumsi daging yang tidak dimasak matang sempurna atau produk dari hewan pun, juga bisa meningkatkan risiko infeksi.

Terdapat dua jenis cacar monyet, yakni jenis Kongo dan jenis Afrika Barat. Monkeypox jenis Kongo menyebabkan kondisi yang parah dan kematian sebesar 10%.

 Baca Juga: Inggris Laporkan Kasus Cacar Monyet Langka, Waspadai 7 Gejala Ini

Sedangkan yang jenis Afrika Barat, kasus kematiannya lebih rendah yaitu 1%. Kasus konfirmasi di Inggris, diketahui merupakan jenis ini.

Ditemukan kasus cacar monyet dibanyak negara, menimbulkan kebingungan tersendiri bagi para ahli. Di Inggris saja, para pasien diketahui tidak saling mengenal satu sama lain, sehingga kecil kemungkinan melakukan kontak langsung.