Find Us On Social Media :

Waspadai 7 Gejala Serangan Jantung, Bisa Terjadi Sebulan Sebelumnya

Tanda-tanda serangan jantung mulai terlihat sebulan sebelumnya.

GridHEALTH.id – Mendengar kata serangan jantung sudah bisa membuat banyak orang takut. Serangan jantung terjadi ketika arteri koronor, yang memasok darah ke jantung, tersumbat.

Akibatnya, aliran darah pun berhenti dan jumlah oksigen yang sampai ke otot jantung jumlahnya menurun.

Dilansir dari Heart Foundation, penyebab utama dari serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Ini terjadi saat arteri koroner menyempit, karena adanya penumpukan plak.

Plak ini terbuat dari lemak, kolesterol, dan bahan lainnya. Arteri yang menyempit menyebabkan berkurangnya jumlah aliran darah ke otot jantung.

Ketika serangan jantung terjadi, plak yang ada di dinding arteri pecah dan membentuk gumpalan. Ini bisa menghalangi aliran darah melalui arteri dan menyebabkan kerusakan pada otot jantung.

Serangan jantung bisa berakibat fatal. Sehingga sangat penting untuk mengetahui tanda-tandanya, agar bisa terdeteksi sejak awal bahkan satu bulan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa gejala serangan jantung yang terjadi sebulan sebelumnya dan perlu diwasapdai.

1. Kelelahan ekstrem

Kelelahan dialami oleh 70% wanita dan jika ini bukan sesuatu yang biasa dialami, maka perlu waspada karena bisa saja merupakan tanda dari serangan jantung.

Baca Juga: 7 Obat Penyakit Jantung Umum Digunakan, Ini Manfaat dan Dosisnya

Gejala serangan jantung ini lebih sering dialami wanita daripada pria. Kelelahan ekstrem digambarkan dengan kekurangan energi dan motiviasi, bahkan hanya untuk melakukan kegiatan sederhana seperti mandi atau merapikan tempat tidur.

2. Sakit perut