Find Us On Social Media :

7 Obat Penyakit Jantung Umum Digunakan, Ini Manfaat dan Dosisnya

Pemberian obat jantung harus didahului dengan konsultasi ke dokter terlebih dulu.

GridHEALTH.id - Jika kita baru saja mengalami serangan jantung atau didiagnosis menderita penyakit jantung, kemungkinan besar kita akan diberi resep obat jantung.

Penting untuk memahami apa yang dilakukan obat yang berhubungan dengan jantung, bagaimana meminumnya dengan aman dan mengenali kemungkinan efek sampingnya.

“Berbagai macam obat jantung yang tersedia bisa sangat banyak, terutama jika Anda belum pernah meminumnya sebelumnya,” kata Todd Hitchcock, MD, ahli jantung di Scripps Clinic Carmel Valley.

"Ini dapat membantu dan meyakinkan untuk memahami mengapa kita memerlukan obat tertentu dan bagaimana cara kerjanya."

Obat jantung diberikan untuk mengobati kondisi jantung, mengelola gejala dan mengurangi risiko kejadian jantung dan pembuluh darah di masa depan, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Seorang pasien jantung akan menerima jenis obat dan dosis  bergantung pada diagnosis, kondisi penyakit lain yang mungkin dimiliki, usia dan gaya hidupnya.

“Selalu pastikan kita mengetahui cara meminum obat dengan benar dan memahami semua risiko, manfaat, dan kemungkinan efek sampingnya,” catat Dr. Hitchcock.

Dia menambahkan, ”Pastikan untuk bertanya kepada dokter Anda apakah Anda harus menghindari makanan, resep lain, atau obat-obatan atau suplemen yang dijual bebas yang dapat menyebabkan interaksi yang merugikan.”

Berikut ini adalah beberapa obat jantung yang paling umum diresepkan oleh dokter jantung;

Baca Juga: Mendengar Kabar Baik Juga Dapat Menyebabkan Serangan Jantung, Studi

Baca Juga: Ternyata Wanita Juga Mengalami Ereksi Seperti Halnya Pria Saat Berhubungan Intim

1. Aspirin untuk mencegah pembekuan darah