Find Us On Social Media :

CDC Ungkap Bukti Baru, Benarkah Hepatitis Akut Dipicu Oleh Adenovirus?

Penelitian penyebab pasti hepatitis akut misterius pada anak-anak masih berlangsung.

GridHEALTH.id – Penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di berbagai negara dunia, masih belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menduga kuat bahwa kondisi ini disebbakan oleh infeksi adenovirus.

Dr Jay Butler selaku wakil direktur CDC mengatakan, sekitar setengah dari anak-anak yang terkena hepatitis akut, terinfeksi adenovirus.

“Bukti semakin bertambah bahwa ada peran adenovirus, khususnya adenovirus-41,” ujarnya dikutip dari Reuters, Senin (23/05/2022).

Perlu diketahui, adenovirus merupakan salah satu jenis virus yang memicu flu dan batuk. Meski begitu, CDC tetap melakukan invesitgasi untuk memastikan apa penyebab dari hepatitis akut ini.

Dugaan adenovirus-41 sebagai penyebab dari hepatitis akut secara khusus dikaitkan dengan anak-anak yang mengalami gangguan pada sistem kekebalannya.

Investigasi lebih lanjut dibutuhkan lantaran tidak semua anak yang dilaporkan terkena hepatitis akut mengalami kondisi seperti itu.

Tak hanya adenovirus, CDC juga tengah melakukan penyelidikan terhadap beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab hepatitis akut misterius.

Misalnya saja infeksi Covid-19, patogen, obat-obat tertentu, dan faktor risiko yang lain-lainnya.

Baca Juga: Waspada, Ada Risiko Reinfeksi Pada Anak yang Sembuh Hepatitis Akut

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih belum bisa memastikan apakah hepatitis akut disebabkan oleh adenovirus-41.

Ini karena virus tersebut belum pernah dikaitkan dengan gejala klinis yang dialami oleh anak-anak yang terkena hepatitis.