Find Us On Social Media :

Ini yang Dimaksud Ablasi Ginjal Untuk Penyintas Kanker Ginjal

Ablasi ginjal.

GridHEALTH.id - Ginjal merupakan organ yang berbentuk kacang, berjumlah sepasang, dan terletak di bagian bawah perut pada kiri dan kanan dari tulang belakang.

Fungsi utama dari ginjal adalah mengeluarkan kelebihan air, garam, dan zat-zat yang tidak diperlukan dalam bentuk urin.

Urin berkumpul di bagian pelvis ginjal (bagian ginjal yang bentuknya seperti corong) kemudian ke saluran ureter (saluran antara ginjal dan kandung kemih), dan akhirnya menuju kandung kemih di mana urin disimpan sebelum buang air kecil.

Fungsi lain dari ginjal adalah membantu mengendalikan tekanan darah dengan membentuk hormon renin dan membentuk sel darah merah dengan membentuk hormon eritropoietin.Di Amerika Serikat, diperkirakan terdapat 76.080 orang dewasa didiagnosis dan 13.780 orang meninggal karena kanker ginjal pada tahun 2021.

Sementara itu di Indonesia, terdapat 2.394 kasus baru kanker ginjal dan 1.358 kematian karena kanker ginjal pada tahun 2020.

Lebih dari separuh pasien dengan kanker ginjal didiagnosis pada stadium lanjut.

Usia rata-rata didiagnosis kanker ginjal adalah 64 tahun dengan sebagian besar didiagnosis antara usia 65 dan 74 tahun.

Kanker ginjal sangat jarang dijumpai pada usia kurang dari 45 tahun. 

Baca Juga: Cacar Monyet Menjangkiti Pasangan Gay dan Biseksual, Ini Keterangan Ahli

Kanker ginjal adalah penyakit di mana sel-sel ginjal menjadi ganas dan tumbuh tanpa terkendali sehingga membentuk massa atau tumor.

Metode pengobatan kanker ginjal yang lebih baru meliputi teknik pengikisan (ablasi), seperti ablasi frekuensi radio atau RFA, dan krioterapi (terapi beku).

Teknik pengikisan melibatkan penghancuran tumor tanpa membuangnya.