Find Us On Social Media :

Lebih Banyak Anak Terserang Virus Hepatitis 'Misterius' Akut, Daya Tahan Tubuh Masih Lemah Ikut Jadi Pencetus

Daya tahan tubuh masih lemah membuat anak rentan terserang hepatitis akut 'misterius'.

GridHEALTH.id - Hingga saat ini kasus penyakit hepatitis akut baru dilaporkan terjadi pada anak dengan usia satu bulan hingga 16 tahun.

Hingga 17 Mei 2022, di Indonesia sudah dilaporkan adanya 18 kasus dengan 7 di antaranya meninggal.

"Dari kasus-kasus yang ada di dunia itu terjadi pada anak umur satu bulan sampai 16 tahun, tapi sebenarnya bisa mengenai ke semua usia bila berhubungan dengan pasien hepatitis akut," kata dr. Leny Kartina SpA(K) dari RS Kendangsari di Surabaya, dalam GridHEALTH Dialogue melalui instagram dengan tema Waspada Bahaya Hepatitis Akut Pada Anak (18/05/2022).

Kata dokter Leny, meskipun penyebabnya masih simpang siur, hepatitis akut, layaknya penyakit lain akibat virus, banyak menyerang anak yang pertahanan tubuhnya lemah.

Hepatitis adalah peradangan hati dan dapat disebabkan oleh infeksi, gangguan autoimun, atau pengobatan.“Kondisi yang muncul di benak kebanyakan orang adalah hepatitis A, B, atau C,” kata dr Leny.  “Itu adalah infeksi virus spesifik yang dapat menyebabkan hepatitis.”Kasus hepatitis dapat memiliki berbagai gejala, termasuk mual, muntah, sakit perut, urin berwarna gelap, perubahan warna kuning pada kulit dan/atau mata (jaundice), demam, dan kelelahan.“Sebagian besar anak dalam kasus yang dilaporkan menunjukkan gejala gastrointestinal seperti muntah, diare, dan sakit perut.” “Gejala-gejala ini diikuti dengan perkembangan penyakit kuning,” katanya. “Menariknya, demam tidak digambarkan sebagai gejala umum dalam kasus ini. Selain itu, semua anak sebelumnya sehat.”

Baca Juga: Asupan Nutrisi yang Tepat dan Kebersihan, Cara Jitu Menghindarkan Anak dari Hepatitis 'Misterius'

Baca Juga: Tips Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Serangan Sesak Napas

Meskipun penyebabnya masih sama, dr Lenny mengatakan, dari kumpulan kasus hepatitis pada anak-anak saat ini, para peneliti sedang mengerjakan teori bahwa penyebabnya adalah adenovirus.Tak satu pun dari penyebab virus yang biasa,  hepatitis A, B, C, dan E,  telah ditemukan menginfeksi anak-anak dalam wabah saat ini. Sebaliknya, dokter telah menemukan satu jenis adenovirus, tipe 41, di sekitar setengah dari kasus di seluruh dunia.Adenovirus menyebar melalui tetesan pernapasan, kontak pribadi yang dekat, dan melalui benda-benda yang disentuh orang, seperti peralatan atau permukaan furnitur.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, lebih dari 50 jenis adenovirus dapat menginfeksi manusia.

Yang paling umum biasanya menyebabkan penyakit pernapasan, tetapi beberapa juga menyebabkan gejala di usus, yang telah menjadi tema dalam kasus yang mengarah ke hepatitis parah.“Hubungan sebenarnya antara infeksi adenovirus dan kasus hepatitis akut parah pada anak-anak ini saat ini sedang diselidiki,” kata CDC.

Ada laporan kasus sebelumnya tentang adenovirus tipe 41 yang menyebabkan hepatitis pada anak-anak dengan gangguan kekebalan, tetapi dokter belum melihatnya menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sehat.Saat penelitian berlanjut, para ilmuwan melihat masalah kesehatan lain sebagai kemungkinan penyebabnya, termasuk infeksi Covid-19 sebelumnya.Di AS, tidak ada anak yang terkena Covid-19 yang mereka ketahui, kata Rodriguez-Baez, peneliti di CDC.

Baca Juga: 5 Tips Cara Bertahan Lama di Tempat Tidur Saat Berhubungan Intim