Find Us On Social Media :

7 Penyakit Kelamin yang Paling Sering Terjadi pada Pria dan Wanita

Penyakit kelamin yang menular melalui hubungan badan.

GridHEALTH.id – Baik pria ataupun wanita bisa mengalami penyakit kelamin, hanya saja risikonya lebih tinggi bagi wanita karena beberapa alasan.

Salah satu alasannya karena anatomi organ intim yang lebih tipis dan lembut, membuat bakteri ataupun virus dengan mudah menyerang.

Penyebab munculnya penyakit kelamin, salah satunya karena melakukan hubungan intim yang tidak sehat, berisiko tinggi membuat seseorang tertular penyakit kelamin.

Contoh, hubungan sesama jenis, homoseks, lebis, juga biseks.

Mikroorganisme pembawa penyakit seperti bakteri, virus, atau parasit dapat menularkan penyakit kelamin melalui darah, air mani, atau cairan tubuh lain.

Melansir Mayo Clinic, selain karena melakukan hubungan intim tidak sehat seperti tidak menggunakan kondom atau berganti pasangan, terdapat faktor lain yang jadi penyebab penyakit kelamin.

Gejala dari kondisi ini yang paling sering terjadi yakni adanya benjolan di dekat organ intim, sakit saat buang air kecil, adanya keputihan baik dari penis atau vagina yang tidak biasa, dan nyeri saat berhubungan seksual.

Penyakit kelamin pria dan wanita

Melansir WebMD, berikut adalah beberapa jenis penyakit kelamin yang paling sering dialami oleh pria dan wanita, serta cara menyembuhkannya.

Baca Juga: Mengenal Bagian Organ Intim Wanita, Reproduksi Hingga Untuk Hubungan Intim

1. Human papillomavirus (HPV)

Hampir setiap orang yang aktif secara seksual mempunyai risiko terkena infeksi HPV. Lebih dari 40 jenis HPV bisa menyebar secara seksual.