Find Us On Social Media :

Bakteri Terkuat Ditemukan di Chili, Bisa Memakan Logam, Studi

Ahli bioteknologi Chile Nadac Reales menunjukkan paku dan sekrup di dalam toples berisi bakteri pemakan logam.

GridHEALTH.id - Peneliti Chile meneliti mikroorganisme yang berjenis bakteri bernama Leptospirillum yang mampu bertahan dalam kondisi ekstrem namun mampu 'memakan' logam seperti paku hanya dalam tiga hari, seperti dilansir France24, Sabtu, (09/10/2021).

Penelitian tersebut diharapkan bisa membantu membersihkan industri pertambangan yang sangat berpolusi di negara itu, dan kemungkinan juga di negara lain.

Di laboratoriumnya di Antofagasta, sebuah kota industri 1.100 kilometer sebelah utara Santiago, ahli bioteknologi Nadac Reales yang berusia 33 tahun melakukan tes dengan ekstrofil, organisme yang hidup di lingkungan ekstrem.

Ide Reales muncul sejak masih di universitas saat dia melakukan tes di pabrik pertambangan menggunakan mikroorganisme untuk meningkatkan ekstraksi tembaga.

"Saya menyadari ada berbagai kebutuhan di industri pertambangan, misalnya apa yang terjadi dengan limbah logam," katanya kepada AFP.

Beberapa logam dapat didaur ulang di pabrik peleburan tetapi yang lain, seperti gerbong truk HGV yang dapat menampung 50 ton batu, tidak dapat didaur ulang dan sering dibuang di gurun Atacama Chile, rumah bagi sebagian besar industri pertambangan negara itu.

Chile atau Chili adalah produsen tembaga terbesar di dunia, yang menyumbang hingga 15 persen dari PDB negara itu, menghasilkan banyak limbah pertambangan yang mencemari lingkungan.

Dalam penelitiannya, Reales yang sekarang menjalankan perusahaan sendiri, Rudanac Biotec, berkonsentrasi pada bakteri pengoksidasi besi yang disebut Leptospirillum.

Dia mengekstrak bakteri dari geyser Tatio yang terletak 4.200 meter di atas permukaan laut, sekitar 350 kilometer dari Antofagasta.

Baca Juga: 5 Jenis Bakteri Dalam Urin Bisa Jadi Penunjuk Adanya Kanker Prostat  

Baca Juga: Pelaku Eksibisionis di Duren Sawit Dihajar Massa, Termasuk Penyimpangan Seksual Perlu Bantuan Ahli Jiwa

Bakteri "hidup di lingkungan asam yang praktis tidak terpengaruh oleh konsentrasi yang relatif tinggi dari sebagian besar logam," katanya.