Find Us On Social Media :

Viral Rendaman Alpukat, Padahal Faktanya Jadi Sarang Bakter Jahat Bahkan Mematikan

Rendaman avokad lalu disimpan di lemari es berbahaya. Jadi sarang kuman.

GridHEALTH.id - Dalam video ini disebutkan bahwa agar tetap awet, kita bisa menyimpan alpukat dalam air dan taruh di lemari pendingin.

Dengan cara itu, alpukat diklaim bisa bertahan hingga satu bulan.Sebelumnya, metode yang sama juga sempat viral di Facebook.

Bisa jadi karena videonya viral di TikTok, telah banyak yang mengikutinya.

Bagi yangbaru tahu dan akan mencobanya, sabar. Simak dulu informasi berikut ini.

Tahu kah, menurut dailymail.co.uk, merendam alpukat dalam air dan menyimpannya dalam lemari es dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri berbahaya untuk tumbuh dan mungkin dapat menyebabkan implikasi kesehatan.Ketahuilah, sisa patogen manusia termasuk listeria dan salmonella, tumbuh subur di lemari es dan freezer.Bahkan Mayoclinic mengingatkan, kuman yang tidak diinginkan ini paling sering disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi. Bakteri tersebut mungkin berada di permukaan (kulit) alpukat dan berpotensi berkembang biak saat disiram air kemudian ditempatkan di lemari es.Malah menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Food Poisoning di Amerika, merendam seluruh alpukat dalam air juga tidak aman.

Baca Juga: Bisa Bikin Hamil? Untuk Bisa Punya Anak Kourtney Kardashian Disarankan Minum Sperma Travis Barker

Asal tahu saja, penelitian FDA pada 2018 menemukan, sebanyak 17 persen dari 1.615 sampel alpukat terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Badan Pangan dan Obat AS (FDA) menunjukkan bahwa bakteri listeria monocytogenes memiliki potensi untuk menyusup dan menginternalisasi ke dalam daging buah alpukat ketika direndam dalam air dan disimpan dalam kulkas selama 15 hari."Sisa patogen yang mungkin berada di permukaan alpukat berpotensi berkembang biak selama penyimpanan saat terendam air," ujar FDA.

FDA juga membantah bahwa cara yang viral di TikTok yang trengah viral bisa membuat alpukat bertahan hingga satu bulan.

Bakteri Listeria monocytogenes disebut berpotensi masuk ke dalam daging alpukat dalam waktu 15 hari perendaman.Ingat, memang merendam alpukat dalam air memang bisa membuatnya tetap segar.

Akan tetapi cara itu berpotensi memicu banyak kuman yang bisa menyebabkan penyakit saat alpukat dikonsumsi setelah direndam.Bagaimana dengan avokad yang sudah berwarna kecokelatan.

Apakah masih aman untuk dikonsumsi?