Find Us On Social Media :

Wabah Cacar Monyet, WHO Tidak Yakin Penyebaran Virus Dapat Dibendung

WHO masih tidak yakin bagaimana virus cacar monyet dapat dibendung..

GridHEALTH.id - Infeksi cacar monyet kini telah menyebar ke hampir 30 negara dengan lebih dari 550 kasus yang dikonfirmasi.

Akankah ini berubah menjadi pandemi lain? Para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya mengatakan bahwa wabah cacar monyet tidak mungkin berubah menjadi pandemi.

Badan kesehatan PBB itu  juga mengatakan bahwa virus itu dapat dibendung. Sekarang, organisasi tersebut telah melakukan perubahan pada monkeypox, dan mengakui bahwa biasanya virus dapat dikendalikan.

"Kami belum tahu apakah kami dapat menahan penyebarannya sepenuhnya," kata Dr Hans Kluge, kepala kantor WHO Eropa, seperti dikutip dari kantor berita Anadolu Agency (03/05/2022).

Dia juga menekankan perlunya mengambil tindakan "signifikan dan mendesak" untuk mengurangi ancaman, meskipun respons cacar monyet mungkin tidak harus meniru skala pembatasan gaya Covid.

Kami sekarang memiliki kesempatan penting untuk bertindak cepat, bersama-sama, untuk menyelidiki dan mengendalikan situasi yang berkembang pesat ini dengan cepat," katanya

Sebelumnya, pejabat WHO telah menyatakan bahwa wabah cacar monyet 'adalah situasi yang dapat dikendalikan'  dan secara kolektif, dunia memiliki kesempatan untuk menghentikan wabah ini.

Berdasarkan kasus yang dilaporkan, Eropa saat ini merupakan pusat wabah cacar monyet saat ini, yang merupakan wabah terbesar dan paling luas secara geografis yang pernah dilaporkan di luar daerah endemik di Afrika barat dan tengah.

Kasus cacar monyet pertama dilaporkan dari Inggris pada 7 Mei 2022, tetapi Dr Kluge menyarankan bahwa itu mungkin telah beredar sejak pertengahan April lalu.

Baca Juga: WHO Dituding Tidak Adil Dalam Penanganan Cacar Monyet, Baru Heboh Vaksin dan Obat-obatan Setelah Muncul di Eropa

Baca Juga: Healthy Move, Ini Alasannya Mengapa Remaja Perlu Rutin Berolahraga

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mengatakan virus itu mungkin telah menyebart idak terdeteksi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.