Find Us On Social Media :

Imunosupresan Obat Penekan Kekebalan Tubuh Memiliki 5 Efek Samping

Pengobatan penyakit infeksi.

GridHEALTH.id - Mengupayakan kesembuhan melalui penggunaan obat adalah hal lumrah yang dilakukan oleh orang sakit.

Akan tetapi, tidak semua obat dapat digunakan dengan sembarangan tanpa adanya resep dokter, seperti obat imunosupresan.

Imunosupresan merupakan obat yang biasa digunakan oleh penderita penyakit autoimun dan orang yang baru saja melakukan transplantasi organ.

Tujuan pemberian obat ini adalah untuk menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga obat ini termasuk ke dalam golongan obat penekan.

Dirangkum dari Healthline (09/01/2018) berikut jenis penyakit, cara kerja, efek samping yang terkait dengan penggunaan obat imunosupresan:

1. Penyakit Autoimun

Orang dengan penyakit autoimun dikenal dengan kecenderungan di mana sistem kekebalan akan menyerang jaringan tubuh sendiri.

Oleh karena itu, penggunaan obat imunosupresan yang berfungsi menekan, diharapkan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi dampak dari penyakit ini.

Beberapa jenis penyakit autoimun yang diobati dengan obat imunosupresan adalah lupus, artritis reumatoid, psoriasis, penyakit crohn, sklerosis ganda, alopecia areata.

Baca Juga: Ini Alasannya Pengidap Autoimun Tak Boleh Terima Vaksin Covid-19

 2. Transplantasi Organ

Setelah melakukan transplantasi organ, mulai dari jantung, hati, dan ginjal, dokter akan mengharuskan pasien untuk meminum obat imunosupresan.