Find Us On Social Media :

Hati-hati, Ini Bahayanya Kalau Kecoa dan Cicak Berkeliaran di Rumah

Kecoak dan cicak, dua mahluk kecil di rumah yang berbahaya bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Kehadiran kecoa dan cicak di rumah seringkali mengganggu sebagian orang yang mengalaminya. Selain menjijikkan, kecoa dan cicak ternyata bisa mengancam kesehatan penghuni rumah.

Kecoa dan cicak bisa menghasilkan bakteri dan alergen sehingga memicu reaksi keracunan, alergi, bahkan asma. Simak bahaya dua mahluk kecil ini untuk kesehatan manusia.

Kecoa dan cicak  lebih memilih untuk tinggal di dapur dan tempat penyimpanan makanan lainnya. Tak heran jika mereka mendapat asupan makanan dari tumpahan makanan dan akses air.

Kecoak dan cicak memang tidak dapat menyebabkan penyakit secara langsung, tetapi mereka adalah pembawa jutaan bakteri dan agen infeksi yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Terlebih serangga ini makan berbagai makanan, termasuk sampah busuk, yang diyakini dapat menyebarkan bakteri penyebab penyakit pada manusia, seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus.

Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang dibawa oleh kecoa dan cicak dan dapat mengganggu kesehatan tubuh, di antaranya:

1.  Keracunan makanan

Salah satu bahaya cicak dan kecoa untuk kesehatan manusia adalah dapat menyebabkan keracunan makanan. 

Mereka bisa hidup dengan memakan makanan yang terdapat di tempat sampah atau selokan, tanaman mati, hewan, feses, lem, sabun, kertas, kulit, bahkan helai rambut kita yang jatuh.

Baca Juga: Viral Tantangan Taruh Kecoak Hidup di Muka, Ini Bahaya yang Mengintai

 Baca Juga: Sore Hari Adalah Waktu Ideal Untuk ke Dokter Gigi, Kata Para Ahli

Tak ayal bila mereka dapat membawa berbagai macam bakteri penyebab penyakit, seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus, dari apa yang dihinggapinya.