Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Cara Mudah Menggerakkan Tubuh Sepanjang Hari

Jangan cuma duduk terus ketika di kantor. Bergeraklah.

 

GridHEALTH.id - Bangun dengan perasaan menggebu-gebu ingin bergerak, lalu melakukan latihan  kardiovaskular selama 30 menit, rasanyakita menjadi orang yang paling sehat.

Tetapi jika kemudian duduk di depan komputer sepanjang hari tanpa menyadari bahwa sudah berjam-jam sejak terakhir kali kita menggerakkan tubuh.

Duduk diam dalam jangka waktu lama dapat merugikan kesehatan. Ini dapat menurunkan metabolisme,  menggangu kerja jantung, dan sensitivitas insulin yang menempatkan kita pada risiko kenaikan berat badan, penyakit kardiovaskular, kanker, dan gangguan metabolisme seperti diabetes tipe 2.

Berikut adalah 5 cara sederhana agar tubuh tetap bergerak sepanjang hari, bahkan saat sedang bekerja.

1. Bergerak setiap 30 menit. Jangan takut terlihat seperti orang aneh. Setel pengingat di ponsel  untuk bangun dan bergerak setiap 30 menit. Kita mungkin baru saja memulai tren kantor.

2. Bergerak saat sedang rapat. Bangun dan berjalan-jalan saat menerima panggilan telepon. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan sebenarnya dapat meningkatkan fungsi otak dan membantu kita berpikir lebih kreatif.

3. Berjalan kaki untuk pergi makan siang. Daripada 2 menit mengendarai mobil ketika mencari makan siang, lalu repot mencari parkir, lebih baik jadikan 10 menit berjalan kaki sebagai gantinya.

4. Rileks dan banyak bergerak. Pergi keluar dan arahkan pikiran untuk hanya fokus pada napas  dengan kecepatan berjalan yang cocok untukkita. Ini disebut meditasi jalan.

Praktikkan hal ini secara teratur. Kita dapat menemukan beberapa tips lainnya tentang cara melakukan meditasi jalan di sini.

Baca Juga: Healthy Move, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Timbangan Tetap Datar Agar Berat Badan Turun Lagi

Baca Juga: 7 Penyakit Pernah Menjadi Wabah di Indonesia, Bisa Muncul Lagi Bila Masyarakat Abai

5. Nikmati waktu keluarga. Jalan-jalan sebentar atau bersepeda bersama keluarga setelah makan malam.

Gerakan dapat membantu pencernaan dan ini saat yang tepat untuk mengobrol dengan orang yang kita cintai sebelum tidur di malam hari.

Dengan melihat lima hal di atas, ternyata begitu banyak cara, meski bukan olahraga, agar tubuh tetap bergerak setiap hari. (*)