Find Us On Social Media :

7 Penyakit Pernah Menjadi Wabah di Indonesia, Bisa Muncul Lagi Bila Masyarakat Abai

Para dokter Hindia Belanda sedang memberikan suntikan pencegahan kolera. Indonesia pernah terjangkit 7 wabah penyakit.

GridHEALTH.id - Secara istilah, wabah adalah kejadian di mana suatu penyakit menular mengalami peningkatan secara pesat dan nyata, melebihi keadaannya yang lazim di suatu wilayah pada waktu tertentu serta dapat menimbulkan malapetaka menurut UU Wabah tahun 1984. Wabah juga dikenal dengan istilah epidemi.Konsep wabah atau epidemi berlaku untuk penyakit infeksi, penyakit non-infeksi, perilaku kesehatan, maupun peristiwa kesehatan lainnya misalnya epidemi kolera, epidemi SARS, epidemi gizi buruk anak balita, epidemi merokok, epidemi stroke, epidemi Ca paru, dan sebagainya.

Wabah adalah kejadian di mana sebuah penyakit sedang aktif penyebarannya. Kata wabah secara umum sering digunakan untuk menggambarkan sebuah masalah dalam dunia kesehatan.

Wabah adalah peningkatan jumlah suatu kasus, umumnya kasus kesehatan, melebihi jumlah normal yang biasa terjadi.Dalam menentukan adanya wabah, diperlukan batasan yang jelas mengenai komunitas, daerah, dan waktu terjadinya peningkatan kasus.

Untuk dapat dikatakan sebagai wabah, sebuah kasus tidak harus luar biasa banyak dalam arti absolut, melainkan luar biasa banyak dalam arti relatif, ketika dibandingkan dengan insidensi biasa pada masa yang lalu.Segelintir kasus bisa merupakan wabah jika muncul pada kelompok, tempat, dan waktu yang tidak biasa.

Ditemukannya dua kasus penyakit yang telah lama absen (misalnya, variola), atau pertama kali invasi di suatu populasi dan wilayah (misalnya, HIV/ AIDS) dapat dikatakan wabah, dan otoritas kesehatan dapat mulai melakukan penyelidikan dan pengendalian terhadap situasi tersebut

Indonesia dengan negara termasuk padat populasinya, juga terletak di khatulistiwa, tak bebas dari wabah penyakit akibat bakteri dan virus.

Baca Juga: Wabah Cacar Monyet, WHO Tidak Yakin Apakah Virus Dapat Dibendung

 Baca Juga: 10 Cara Tidur yang Dapat Membantu Kita Menurunkan Berat Badan

Penyakit infeksi menular tersebut, yang menjangkiti banyak orang, pernah menjadi wabah hingga 7 macam penyakit.

Di luar pandemik Covid-19 yang masih kita hadapi saat ini; dikutip dari berbagai sumber, inilah wabah yang pernah menyerang Indonesia dan semoga tidak akan pernah muncul lagi.

1. Kolera

Wabah kolera menyerang Indonesia setidaknya enam kali. Yang pertama terjadi sekitar tahun 1819, ketika Indonesia masih berada di tangan Belanda.