Find Us On Social Media :

Ternyata Polip Hidung Bisa Menjadi Penyebab Hidung Tersumbat, Studi

Hidung tersumbat bisa disebabkan adanya polip hidung.

GridHEALTH.id - Bukan musim dingin atau musim hujan, mengapa hidung masih tersumbat karena pilek?

Jika gejala ini tidak hilang, mereka mungkin terkait dengan sesuatu yang lebih serius seperti polip hidung. Pertumbuhan non-kanker ini dapat menyebabkan hidung tersumbat, pilek, tekanan sinus, dan gejala lain yang tidak khas pada kondisi ini.

Polip hidung adalah pertumbuhan jinak (bukan kanker) yang dapat terbentuk di dalam saluran hidung dan sinus, ruang di belakang hidung dan pipi.

Pada tahap awal, polip hidung mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Saat mereka tumbuh lebih besar, kita mungkin mengalami hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, penurunan indra penciuman dan rasa dan tekanan sinus. \

Sayangnya, gejala-gejala ini juga dimiliki oleh beberapa kondisi lain, seperti pilek, flu, dan alergi. Jika memiliki gejala-gejala ini dan tidak kunjung hilang, konsultasikan dengan dokter umum atau otolaryngologist, yang juga dikenal sebagai dokter telinga, hidung dan tenggorokan (THT).

Karena lokasi polip hidung, mungkin sulit untuk melihatnya melalui lubang hidung, terutama jika melakukan pemeriksaan sendiri.

Dokter akan menggunakan perangkat yang dilengkapi kamera khusus yang disebut endoskop untuk mencari tahu apa yang menyebabkan hidung tersumbat dan gejala lainnya.

Sementara penyebab pasti polip hidung belum ditetapkan, mereka telah dikaitkan dengan peradangan berkepanjangan pada lapisan hidung dan sinus, juga dikenal sebagai rinosinusitis kronis.

Rinosinusitis dapat dikaitkan dengan banyak faktor yang berbeda mulai dari alergen hingga infeksi saluran pernapasan atas dan bahkan perokok pasif.

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan Ini Jadi Solusi Alami Atasi Hidung Tersumbat

Baca Juga: Healthy Move, 5 Cara Mudah Menggerakkan Tubuh Sepanjang Hari

Pada beberapa orang, kontaminan ini memicu respons imun abnormal yang menyebabkan pembengkakan berlebihan pada lapisan hidung dalam bentuk polip hidung.