Find Us On Social Media :

Sudah Tahu Tidak Baik Untuk Kesehatan Tapi Tetap Dikonsumsi, Ini 8 Alasan Mengapa Orang Masih Menenggak Alkohol

Minuman alkohol masih disukai karena berbagai alasan.

GridHEALTH.id - Bagi para peminum (alkohol), mungkin pernah berpikir, mengapa minum alkohol?

Apakah karena alasan sosial atau ingin menikmati rasanya? Apa pun alasannya, jika  ingin mengurangi minum alkohol, mungkin berguna untuk mengetahui mengapa sebenarnya kita minum.

Mari kita lihat beberapa kemungkinan alasannya, yang kebanyakan adalah alasan yang dibuat-buat, dikutip dari Alcohol Anonymous;

1. Pengalaman masa laluPengalaman masa lalu dengan alkohol membantu membentuk nilai orang saat ini dan harapan yang mereka tempatkan pada minum alkohol.

Pengguna alkohol dapat mengingat pengalaman positif mereka sebelumnya dengan alkohol, dan ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk minum. Pengalaman negatif akan melakukan yang sebaliknya.

2. StresOrang yang mengalami masa stres dalam hidup mereka mungkin lebih menghargai minum alkohol, karena alkohol membantu meringankan perasaan negatif mereka. Minum menghilangkan, setidaknya untuk sementara, stres kecemasan.

3. Norma sosial

Baca Juga: Balita 2 Tahun Ini Menjadi Peminum Minuman Beralkohol Termuda

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Setelah 2 Minggu Tenggelam di Air

Norma sosial adalah harapan perilaku dalam suatu komunitas. Alkohol digunakan pada acara-acara tertentu dan waktu-waktu tertentu misalnya, diharapkan alkohol akan disajikan di sebagian besar pesta dan pernikahan.

4. LingkunganPaparan isyarat terkait alkohol meningkatkan keinginan untuk alkohol, misalnya program TV, iklan di acara-acara dll.

Di sisi lain, pengaruh keuangan, seperti perpajakan, membuat minum kurang menarik. Bukti menunjukkan bahwa menaikkan harga minuman beralkohol sebesar 10% saja akan mengurangi konsumsi alkohol sebesar 7%.