Find Us On Social Media :

Warga Bogor dan Jakarta Waspada Saat Beli dan Makan Tahu, BPOM Baru Menggerebek Pabrik Tahu Berformalin di Parung

Pabrik tahu berformalin digerebek di Bogor. Dipasarkan di wilayah Bogor, Jakarta juga Tangerang.

GridHEALTH.id - Tahu adalah makanan ekonomis yang sehat

Tahu merupakan bahan makanan hasil dari olahan kacang kedele.

Karenanya tahu kaya kandungan protein.

Juga pada tahu terkandung zat gizi lainnya, karbohidrat, serat, dan lemak. Kandungan asam amino esensial dan berbagai mineral, seperti kalsium, selenium, fosfor, magnesium, dan zat besi.

Namun hati-hati dalam membeli dan mengonsumsi tahu saat ini. Khususnya bagi warga Bogor dan Jakarta.

Sebab masih saja ada produsen tahu nakal demi keuntungan semata.

Baru-baru ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) membongkar produksi tahu berformalin di dua pabrik dalam wilayah Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).Kedua pabrik itu diduga memproduksi sekitar 1,9 ton tahu berformalin setiap harinya dan siap disebar ke wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bogor."(dua lokasi) ini adalah temuan pabrik tahu berformalin yang cukup besar dan sangat strategis tempatnya," kata Kepala Badan POM, Penny K Lukito didampingi Polda Jawa Barat saat konferensi pers di pabrik tahu yang berlokasi di Desa Waru Kaum, Parung, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Bayi Gendut Memang Lucu, Tapi Belum Tentu Sehat, Kebanyakan Seperti Ini

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) membongkar produksi tahu berformalin di dua pabrik di wilayah Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022), dikutip dari Kompas.com (10/06/2022).Menurut Penny, dari hasil penggerebakan ke produsen tahu berformalin di Parung, BPOM mendapati total 98 kilogram formalin jenis serbuk dan cair dari dua pabrik yang berada di Desa Waru dan Desa Waru Kaum itu.Selain itu, ada dua orang berinisial S (35) dan N (45) diamankan sebagai calon tersangka. Keduanya tercatat sebagai pemilik pabrik tahu.Tentu Penny memastikan bahwa dua pabrik tahu berformalin tersebut ditutup atau dihentikan produksinya."Jadi ini indstrinya juga sudah tidak legal dan memang unsur kejahatan ya. Semuanya sudah kita periksa untuk kita gelar dan menetapkan tersangka atau tidak," jelas dia.Risiko Mengonsumsi Tahu Berformalin

BPOM menutup pabrik tahu berformalin di Parung, Bogor, karena jelas merugikan kesehatan masyrakat.

Formalin sendiri haran menjadi bahan makanan.

Risiko besar bisa dialami jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung formalin, apalagi dengan dosis yang tinggi.