Find Us On Social Media :

Orang yang Pernah Terkena Cacar Air Berisiko Alami Lumpuh Separuh Wajah Akibat Sindrom Ramsay Hunt Seperti Justin Bieber

Justin Bieber alami lumpuh separuh wajah akibat Sindrom Ramsay Hunt.

GridHEALTH.idJustin Bieber mengatakan kelainan langka yang melumpuhkan separuh wajah penyanyi superstar itu menjadi alasan di balik penundaan turnya.Pemenang multi-Grammy Justin Bieber menderita sindrom Ramsay Hunt, katanya dalam video yang dia posting Jumat di Instagram (10/06/2022).

Sindrom ini menyebabkan kelumpuhan wajah dan mempengaruhi saraf di wajah melalui wabah herpes zoster.Unggahan Bieber muncul setelah dia membatalkan acaranya di Toronto dan Washington, D.C. Penyanyi itu menunjukkan dalam video bahwa dia hampir tidak bisa menggerakkan satu sisi wajahnya, menyebut penyakitnya "cukup serius.""Bagi mereka yang frustrasi dengan pembatalan pertunjukan berikutnya, saya hanya secara fisik, jelas tidak mampu melakukannya," katanya.

Penyanyi itu menambahkan, "Tubuhku mengatakan bahwa aku harus melambat. Aku harap kalian mengerti."Bieber mengatakan dia tidak yakin berapa lama dia akan sembuh. Tapi dia tampak positif tentang membuat pemulihan penuh melalui istirahat dan terapi."Saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan bersantai dan kembali ke seratus persen, sehingga saya bisa melakukan apa yang harus saya lakukan sejak lahir," katanya.

"Saya percaya kepada Tuhan bahwa ini semua akan terjadi karena suatu alasan dan saya tidak yakin apa itu." "Tapi sekarang saya akan istirahat. Saya sangat mencintai kalian, peace," imbuh dia.

Baca Juga: Gegara Kutu Kulit dan Fungsi Otak Justin Bieber Terganggu, Dia Menderita Penyakit Lyme, Mirip ODHA

Baca Juga: Ini Dia, 6 Posisi Hubungan Intim Paling Aman Pasca Persalinan

Dilansir Medical News Today, sindrom Ramsay Hunt terjadi ketika herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga kita  (herpes zoster oticus).

Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom Ramsay Hunt juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Sindrom Ramsay Hunt ini umumnya disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air.

Setelah cacar air sembuh, virus biasanya masih hidup di saraf kita. Bertahun-tahun kemudian, itu dapat diaktifkan kembali dan ketika itu terjadi, virus tersebut dapat memengaruhi saraf wajah kita. Orang yang pernah terkena cacar air disebut berisiko mengalami sindrom Ramsay Hunt.

Ada dua tanda dan gejala utama sindrom Ramsay Hunt yakni:

- Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar satu telinga.