Find Us On Social Media :

Healthy Move, Perbedaan Tai Chi dan Qi Gong, Latihan Fisik Untuk Kesehatan

latihan qigong dan tai chi

GridHEALTH.id - Sebagian besar orang saat mendengar kata Qigong dan Tai Chi selalu mengaitkannya sebagai sebuah olahraga asli Cina. 

Tidak banyak yang tahu dengan pasti bahwa sebenarnya kedua hal ini memiliki berbagai macam perbedaan yang mendasari, meskipun Qigong dan Tai Chi sekilas terlihat sama dan mirip.

Berikut ini merupakan perbedaan yang dapat dilihat dari keduanya:

Qigong

- Qigong sudah lebih lama terbentuk, kurang lebih 3.000 tahun.

- Qi atau energi merujuk pada kekuatan yang dapat ditemukan di alam semesta, sedangkan Gong memiliki makna keterampilan yang dikembangkan melalui latihan yang baik, jadi Qigong sering diterjemahkan sebagai budidaya energi kehidupan.

- Latihan Qigong akan lebih terlihat seperti kelas aerobik dengan gerakan yang lambat dan setiap gerakan diulang beberapa kali, suasana latihan pun terasa lebih damai, santai, dan fleksibel

- Hal yang menjadi fokus utama dalam latihan Qigong adalah melatih meridian tubuh, sehingga gerakan yang dilatih seperti peregangan otot, tendon, dan ligamen ditujukan untuk meningkatkan sirkulasi dan mencapai aliran energi yang tepat.

- Qi gong terdiri dari latihan yang statis dan dinamis dengan fokus untuk kesehatan, maka inti dari latihan tetap sejalan dengan TCM.

Baca Juga: Qigong Olah Fisik Cina Tradisional untuk Pengobatan dan Jaga Kesehatan

 Tai Chi

- Tai Chi baru terbentuk sekitar 300 tahun lalu dan tergolong sebagai seni bela diri yang memiliki nama Taijiquan atau Tai Chi Chuan dengan makna kepalan tangan tertinggi, jika dilihat dari setiap makna aksara Cinanya.