Find Us On Social Media :

5 Istilah pada Label Kemasan Makanan dan Minuman yang Harus Pahami

label makanan kedaluwarsa

GridHEALTH.id - Dalam setiap kemasan makanan, tentu dicantumkan label tanggal kedaluwarsa makanan tersebut agar konsumen mengetahui sampai kapan sebuah makanan baik untuk dikonsumsi.

Label tanggal kedaluwarsa dalam kemasan makanan terdapat berbagai jenis yang memiliki arti masing-masing.

Faktanya, sejumlah besar makanan terbuang setiap tahun karena dibuang meskipun masih aman untuk dikonsumsi, yang diakibatkan dari kesalahpahaman konsumen dalam membaca arti dari label tersebut.

Inilah 5 istilah berbeda yang umum digunakan untuk menunjukkan tanggal kedaluwarsa:

1. Sell-by

Jika di dalam suatu kemasan terdapat tulisan ini, memiliki makna untuk memberitahukan penjual toko dan warung kapan harus mengeluarkan produk tersebut dari lemari pendingin.

Kebanyakan jenis produk yang menggunakan tanggal ini adalah produk berpendingin, seperti susu, telur, yogurt, krim, produk daging, makanan yang sudah disiapkan sebelumnya, dan campuran salad.

Bagi konsumen masih dapat memakan makanan ini seminggu setelah dari tanggal penjualan atau sell-by.

2. Best if used by

Baca Juga: Jangan Dibuang, Makanan Kedaluwarsa Masih Bisa Dikonsumsi, Asalkan..

Makna dari label best if used by makanan ini adalah ingin menunjukkan tanggal terbaik sebuah produk digunakan, sehingga makanan masih memiliki rasa dan kualitas terbaik.

Makanan dengan label seperti ini, jika dikonsumsi lewat dari tanggal yang tertera kemungkinan tidak akan rusak, tetapi rasanya yang mungkin tidak sebagus sebelumnya.