Find Us On Social Media :

Belajar Dari Dea Ananda, Ini Persiapan Ibu Hamil yang Alami Pengentalan Darah

dea ananda melahirkan

GridHEALTH.id - Mantan artis cilik, Dea Ananda baru saja mengumumkan kelahiran anaknya yang pertama pada 14 Juni 2022 melalui akun instagramnya.

Belajar dari pengalaman Dea Ananda yang mengalami pengentalan darah selama kehamilan, persiapan apa saja yang diperlukan ibu hamil dengan kondisi yang sama menjelang persalinan

Berikut ini ulasannya, terkait persiapan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil dengan kondisi pengentalan darah.

Pengentalan darah atau pembekuan darah adalah salah satu penyakit autoimun, di mana antibodi antifosfolipid menyerang tubuh sendiri dan mengakibatkan pengentalan atau pembekuan darah hingga mengakibatkan komplikasi kehamilan.

Penyakit pengentalan darah ini juga dikenal dengan sebutan sindrom antifosfolipid (APS).

Persiapan Hamil Perempuan yang Mengalami Pengentalan Darah

Berbagai persiapan tentu harus diperhatikan oleh ibu hamil yang mendekati waktu persalinan tetapi memiliki kondisi pengentalan atau pembekuan darah, termasuk konsultasi kepada dokter mengenai cara terbaik yang harus dilakukan.

Data membuktikan lebih dari 80% kasus ibu hamil dengan kondisi pengentalan darah memiliki bayi yang sehat, meskipun tetap ada 60% ibu hamil dengan kondisi ini mengalami komplikasi kehamilan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang keberhasilan hingga proses persalinan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan reumatologi dan dokter kandungan berpengalaman.

Baca Juga: Disuntik Tiap Hari Oleh Suami, Kulit Dea Ananda Membiru, Pengentalan Darah

Beberapa kekhawatiran yang muncul terkait kehamilan dengan pengentalan darah, antara lain keguguran, persalinan prematur, pembatasan pertumbuhan intrauterin (janin yang lebih kecil dari harapan), pembekuan darah yang berlanjut selama kehamilan hingga pasca melahirkan.

Namun, tidak perlu khawatir karena ibu hamil dengan kondisi pengentalan darah tidak menutup kemungkinan untuk melalui proses persalinan pervaginam, jika dokter yang menangani merasa kondisi ibu dan bayi sehat.