Find Us On Social Media :

Traditional Chinese Medicine (TCM) dan Pengobatan Medis Barat, Apa Bedanya?

Pengobatan tradisional Cina atau Traditional Chinese Medicine (TCM) memiliki perbedaan dasar dari pengobatan medis Barat.

GridHEALTH.id - Saat seseorang mengalami sakit yang dilakukan pasti berobat, pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan, pengobatan yang selama ini umum diterapkan adalah pengobatan medis versi Barat.

Namun sebenarnya ada banyak macam pengobatan di dunia ini selain metode pengobatan medis versi barat, salah satunya yang sudah diakui oleh WHO adalah pengobatan tradisional Cina atau traditional Chinese medicine (TCM).

Meskipun keduanya sama berurusan dalam kesehatan manusia untuk mengobati dan mencegah penyakit, namun yang menjadi perbedaan adalah dalam segi pendekatan yang dilakukan untuk menyembuhkan. 

Dilansir dari kompas.com (03/08/2009) seorang dokter TCM dan ahli akupuntur Singapura, dr Swee Yong Peng dan spesialis imunologi dan onkologis TCM Singapura, Profesor Li Fu Min menyatakan peradaban masyarakat Cina sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Dengan mewariskan berbagai hal yang hingga kini masih bertahan dan diterapkan dalam TCM, antara lain berupa:

- Pandangan

- Kebijaksanaan

- Ramuan

- Metode atau teknik pengobatan penyakit 

Baca Juga: Penting diketahui, Inilah Empat Fase Kesehatan Manusia Menurut TCM

 Diakui oleh Prof Li, bahwa pergerakan dan perkembangan dari TCM lebih lambat dibandingkan pengobatan medis Barat.

Pemikiran dan penalaran ilmu Cina sangat berpengaruh pada praktik dari TCM, sedangkan pengobatan medis Barat lebih pada analisis ilmiah yang mengutamakan bukti-bukti (evidance base), menurut penjelasan Prof Li.