Find Us On Social Media :

Traditional Chinese Medicine (TCM), Mengenal Sinshe dan Perkembangannya di Indonesia

Sinshe, salah satu perkembangan TCM yang merebak di Indonesia dan beradaptasi dengan budaya masyarakat.

GridHEALTH.id - UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan membahas mengenai pelayanan kesehatan tradisional yang merupakan salah satu dari upaya pelayanan kesehatan perlu dikembangkan oleh masyarakat di Indonesia.

Salah satu jenis pelayanan kesehatan yang telah dikenal lama dan luas di Indonesia adalah Traditional Chinese Medicine (TCM), yang dalam praktiknya juga dikenal sebagai Sinshe di masyarakat Indonesia.

Sedangkan TCM di berbagai negara yang menyebar keluar dari Cina juga telah beradaptasi dengan budaya setempat, sehingga TCM di negara lain seringkali memiliki nama yang berbeda.

Di Jepang, TCM berdiferensiasi menjadi Kanpo, lalu di Korea berdiferensiasi menjadi Oriental Medicine, untuk di Indonesia salah satu kearifan lokal yang diangkat adalah Sinshe yang mempelajari jamu-jamuan.

Sinshe di Indonesia sudah diakui oleh pemerintah sejak dulu, dengan organisasi yang menghimpun sinshe Indonesia atau dikenal dengan nama Ikatan Naturopatis Indonesia (IKNI) mendapat kesempatan untuk bermitra langsung dengan Kementrian Kesehatan RI.

Dibentuk tahun 1975, IKNI dibina langsung oleh Kementrian Kesehatan RI sejak awal dibentuk dan melakukan pelayanan kepada masyarakat, juga mengadakan kursus dan pelatihan di bidang ilmu sinshe sejak tahun 1985.

Sejak September 2010, pendidikan nonformal sinshe mendapatkan pengakuan dari Dirjen PNFI/PAUDNI Kementrian Pendidikan Nasional RI dengan terbentuknya Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Sinshe.

Dalam perkembangannya, Sinshe dapat dipelajari di Indonesia dengan berbagai susunan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang telah dibentuk.

Beberapa tujuan dari penyusunan KBK ini antara lain untuk memberikan acuan dalam menetapkan kurikulum bagi para peserta didik kursus untuk memperoleh kompetensi sebagai seorang sinshe.

Baca Juga: Traditional Chinese Medicine (TCM) dan Pengobatan Medis Barat, Apa Bedanya?

 Sinshe berbasis pada TCM, sehingga dalam proses pembelajarannya harus memiliki pengetahuan berdasarkan filosofi Yin dan Yang.

Namun karena telah beradapatasi dengan budaya masyarakat di Indonesia, maka tidak heran jika para sinshe juga menggunakan sumber alam Indonesia seperti jamu dalam memberikan pengobatan.