Find Us On Social Media :

Akhirnya Menyesal, Rutin Infus Whitening Wanita Muda Ini Jadi Pasien Autoimune

Infus whitening dan dampaknya.

GridHEALTH.id - Infus putih alias infus whitening tentu sudah tidak asing lagi para wanita yang memerhatikan penampilan.

Dengan infus whitening konon bisa memutuhkan kulit perempuan.

Seperti kita tahu standar kecantikan di Indonesia adalah perempuan dengan kulit putih.

Karenanya promosi infus witening ini menjadi laris manis di masyarakat.

Melansir Kompas.com, industri hiburan Korea Selatan dinilai berhasil menyebarkan tren kecantikan ini secara cepat dalam skala global.Produk-produk kecantikan dari negara gingseng itu pun kian laris didistribusikan ke seluruh penjuru dunia.Begitu juga dengan suntik pemutih atau infus whitening, dipopulerkan oleh para pesohor di Tanah Air.Sebut saja Barbie Kumalasari yang terang-terangan mengaku mempromosikan perawatan suntik putih yang dia lakukan semigu sekali.Melansir TribunJateng, Barbie Kumalasari bahkan membeberkan biaya yang kucurkan untuk perawatan kulit tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Membandel

Tapi tahu kah, infus whitening sangat bahaya bagi kesehatan. Bahkan berujung fatal.Investigasi Harian Kompas yang diterbitkan pada 7 April 2022 melaporkan bahwa seorang  bernama Rika Amelia (20) mesti menahan lemas, pusing, dan muntah, setelah melakukan suntik pemutih.Tangan wanita pekerja pabrik di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat itu, juga sempat bengkak.

Hal yang sama dialami oleh seorang wanita yang ceritanya mengenai infus whitening viral di TikTok.

Ia membokar bahaya yang disebabkan oleh metode perawatan kulit yang juga dikenal dengan  sebutan infus putih tersebut.Wanita itu pun mengaku menyesal karena pernah mengikuti program suntik pemutih jangka panjang.

Pada video viral yang diposting oleh akun @virasetyawatiamd.keb pada Selasa (21/6/2022), akun TikTok tersebut menunjukan perubahan kulit seorang wanita yang mengalami memar usai menjalankan infus whitening.

Dijelaskan bahwa wanita dalam video tersebut sering sesak napas, nyeri tenggorokan, gampang lelah, dan sakit-sakitan."Jadi sering sesak nafas, nyeri" tenggorokan, gampak capek dan gampang banget sakti"an," tulisnya pada keterangan video.

Baca Juga: Program Keluarga Berencana, Ini 5 Alat Kontrasepsi yang Sering Digunakan