Find Us On Social Media :

Payudara Berubah Sejak Trimester Pertama Kehamilan, Ini Penyebabnya

Payudara berubah bahkan ketika kehamilan baru dimulai di trimester pertama.

GridHEALTH.id - Bagi banyak wanita, perubahan pada payudara adalah salah satu tanda awal kehamilan. Dan payudara akan terus berubah seiring dengan perkembangan kehamilan.

Kehamilan mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita. Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam mempersiapkan payudara untuk menyusui dan bertanggung jawab atas banyak perubahan yang mungkin dialami ibu hamil.

Estrogen merangsang pertumbuhan sel-sel saluran payudara dan menghasilkan sekresi prolaktin, hormon lain.

Prolaktin merangsang pembesaran payudara dan produksi ASI. Progesteron mendukung pembentukan dan pertumbuhan sel penghasil susu di dalam kelenjar payudara.

Setelah melahirkan, kadar estrogen dan progesteron menurun, dan kadar prolaktin meningkat, memungkinkan terjadinya laktasi.

Perubahan payudara sering dimulai, bahkan berubah sejak trimester petama kehamilan. Beberapa ahli menduga payudara mungkin sudah mulai berubah bahkan sebelum kita dites untuk kehamilan positif. Perubahan mungkin termasuk:

- pembengkakan payudara

- rasa sakit atau nyeri tekan

- perasaan berat, atau perasaan penuh di payudara

Baca Juga: Healthy Move, 9 Latihan Untuk Mengencangkan Payudara Bagi Wanita

Baca Juga: Healthy Move, Risiko Kematian Berlipat Ganda Jika Kita Gagal Tes Keseimbangan 10 Detik Ini, Ini Latihan Keseimbangan Tubuh yang Disarankan

Selama trimester pertama, volume darah tubuh wanita hamil mulai meningkat untuk memenuhi kebutuhan perkembangan janin yang sedang tumbuh.