Find Us On Social Media :

Aksi Ibu Perjuangkan Ganja Medis untuk Pengobatan Cerebral Palsy Sang Buah Hati

Seorang ibu melakukan aksi damai di CFD, demi mencari ganja medis untuk pengobatan Cerebral Plasy

GridHEALTH.id - Seorang ibu menarik simpati masyarakat luas, setelah sosoknya viral di media sosial.

Musisi Andien Aisyah yang pertama kali mengunggah sosok Santi, seorang ibu yang melakukan aksi damai di Car Free Day (CFD)Jakarta, Minggu (26/06/2022) kemarin.

Dalam foto yang beredar di media sosial, sang ibu membawa sebuah papan bertuliskan "Tolong anakku butuh ganja medis".

Aksi damai ini dilakukan oleh Santi dengan berjalan dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga ke depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Langkah ini dilakukan demi meminta agar terapi pengobatan yang dilakukan anaknya dengan minyak biji ganja, dapat dilegalkan.

Diketahui anak ibu Santi mengidap penyakit Cerebral Palsy dan pengobatan ganja dinilai efektif.

"Anaknya, Pika, mengidap Cerebral Palsy. Kondisi kelainan otak yang sulit diobati, dan treatment yang paling efektifnya pakai terapi minyak biji ganja/CBD oil," tuit Andien di akun Twitter-nya.

Apa itu kondisi Cerebral Palsy?

Menurut Cerebral Palsy Alliance, Cerebral Palsy adalah disabilitas fisik yang memengaruhi gerakan dan postur tubuh. Terdapat sekitar 17 juta anak yang mengalami kondisi ini.

Baca Juga: World Cerebral Palsy, Ini Cara Mengetahui Apakah Si Kecil Berisiko Mengalami dan Gejala Dini

Dalam kebanyakan kasus, bayi lahir dengan kondisi ini. Para peneliti memperkirakan Cerebral Palsy terjadi akibat komplikasi saat lahir, misalnya asfiksia atau kekurangan oksigen.

Sebanyak 13 dari 14 kasus Cerebral Palsy, rata-rata mengalami cedera otak yang terjadi saat bayi masih di dalam kandungan atau berusia kurang dari 1 bulan.