Find Us On Social Media :

Tol Cipularang Kembali Memakan Korban, Inilah Penyebab yang Harus Diwaspadai Pengendara

Kenali penyebab umum kecelakaan untuk menghindari terjadinya kecelakaan seperti di Tol Cipularang KM 92.

GridHEALTH.id - Tol Cipularang kembali memakan korban, kali ini empat orang dengan luka berat dan melibatkan 17 kendaraan di Km 92 Tol Cipularang arah Jakarta pada kemarin (26/06/2022) malam, tepatnya pukul 21.00 WIB.

Seperti yang diberitakan oleh TribunJabar.id (27/06/2022), saksi mata mengungkapkan kecelakaan terjadi setelah bus Laju Prima jurusan Bandung-Merak dengan nomor polisi B 7602 A melaju kencang tak terkendali dan menyalip beberapa kendaraan hingga akhirnya terjadi kecelakaan beruntun.

Hingga saat ini, polisi dan petugas PJR tol Cipularang masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti kecelakaan.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan data yang terkumpul dari Kepolisian RI menyebutkan total terdapat 116.411 jumlah kecelakaan pada tahun 2019, angka ini meningkat dari tahun 2017 dengan 104.327 kasus dan tahun 2018 dengan 109.215 kasus.

Berdasarkan data ini dapat terlihat bahwa risiko kecelakaan menjadi salah satu penyebab paling rawan dalam berkendara dan harus diwaspadai oleh pengendara.

Berbagai penyebab mempengaruhi terjadinya kecelakaan, tidak hanya di tol namun juga di jalan raya dan umumnya merupakan interaksi dari beberapa faktor yang saling mempengaruhi.

Seperti yang terjadi pada kecelakaan beruntun semalam di Tol Cipularang Km 92, salah satu penyebab yang memungkinkan adalah dengan kondisi bis yang memiliki rem blong, selain karena area di sekitar KM 92 Tol Cipularang yang rawan kecelakaan.

Terdapat beberapa penyebab paling umum dari terjadinya kecelakaan, khususnta di jalan tol yang patut diwaspadai oleh pengendara, setidaknya 4 faktor paling umum menurut Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM, Iwan Puja Riyadi, S. T. dalam laman ugm.co.id menyebut diantaranya yaitu:

Faktor manusia (Human Error)

Baca Juga: Mudik Aman, Hindari Microsleep Selama Perjalanan dengan 3 Cara Ini

 Kondisi pengemudi saat berkendara sangat penting diperhatikan karena akan berpengaruh pada laju kendaraan dan dibutuhkan konsentrasi penuh selama berkendara.

Beberapa kondisi pengemudi yang harus diperhatikan adalah pengemudi yang mengantuk, kelelahan, tidak fokus, fasih atau tidaknya dalam berkendara, hingga suasana panik.