Find Us On Social Media :

Sejarah Hari Keluarga Nasional 29 Juni, Berawal dari Maraknya Pernikahan Dini dan Gizi Buruk Anak

Keluarga yang harmonis dapat diperingati lewat Hari Keluarga Nasional setiap tanggal 29 Juni.

GridHEALTH.id - Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 diperingati pada Rabu, 29 Juni. Dilansir dari laman kemenkopmk.go.id, peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 akan dilangsungkan di Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, peringatan Hari Keluarga Nasional 2022 akan diselenggarakan secara hybrid, yakni secara daring dan luring.

Dikutip dari  buku Panduan Hari Keluarga Nasional 2021, peringatan Hari Keluarga Nasional berawal saat Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia secara utuh. Seminggu kemudian, tepatnya pada 29 Juni 1949, para pejuang kembali kepada keluarganya.

Pada awal kemerdekaan, terjadi angka perkawinan dini yang tinggi dan meningkatnya angka kelahiran anak.

Diperkirakan, pada saat itu pengetahuan keluarga tentang usia nikah sangat rendah. Pada sisi lain, muncul keinginan kuat untuk mengganti keluarganya yang gugur dalam peperangan. 

Akhirnya, pada 29 Juni 1970 pemerintah gencar memperkuat program Keluarga Berencana (KB).

Hal ini dilatarbelakangi oleh angka infeksi dan gizi buruk pada anak meningkat, akibat perkawinan usia dini dan angka kelahiran yang tinggi.

Akhirnya, pada 1993, Presiden Soeharto menetapkan 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional. Peringatan ini baru mendapat legalitas pada 15 September 2014, melalui Keputusan Presiden Nomor 39 tahun 2014 tentang penetapan 29 Juni sebagai Harganas, dan bukan hari libur.

Tema Hari Keluarga Nasional 2022 masih merujuk laman kemenkopmk.go.id, yang diangkat  masih sama seperti tahun lalu, yaitu fokus pada penurunan stunting anak.

Baca Juga: 8 Ciri Keluarga Sehat dan Tips Mendapatkannya, Hari Keluarga Nasional

Baca Juga: Healthy Move, Pemanasan Penting Dilakukan Sebelum Olahraga, Ini Bedanya dengan Peregangan

Sekretaris Utama Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Pusat Tavip Agus Rayanto menjelaskan, tema besar yang akan diusung dalam penyelenggaraan Harganas 2022 adalah "Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting".

Kemudian, untuk tagar yang akan digunakan adalah #KeluargaKerenCegahStunting. Rencananya, dalam kegiatan Harganas 2022 juga akan ada sesi program-program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh masing-masing kementerian dan lembaga dalam urusan membangun ketahanan keluarga dan keluarga bebas stunting. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2022: Sejarah, Tema, dan Link Twibbon", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/29/095100065/hari-keluarga-nasional-29-juni-2022--sejarah-tema-dan-link-twibbon?page=all#page2.