Find Us On Social Media :

8 Ciri Keluarga Sehat dan Tips Mendapatkannya, Hari Keluarga Nasional

Keluarga sehat adalah saat semua anggota keluarga mendapatkan kehidupan yang layak dan sehat.

GridHEALTH.id - Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal 29 Juni.

Peringatan Harganas sudah dilakukan sejak 1993 dan ditetapkan dalam Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional.

Dilansir dari laman Kemendikbud, Hari Keluarga Nasional merupakan upaya memperkuat ketahanan nasional, mengingat keluarga adalah pondasi penting pembangunan karakter bangsa.

Menyambut Harganas, yuk bahas lebih lanjut apa saja ciri-ciri keluarga sehat dan tips mendapatkannya.

Menurut Kementerian Kesehatan, sebuah keluarga masuk ke dalam kategori sehat jika memenuhi 8 indikator berikut ini.

1. Mengikuti program keluarga berencana (KB): Program pemerintah yang tidak hanya membatasi jumlah kelahiran anak, tapi juga upaya memastikan anak mendapatkan kehidupan yang layak.

2. Melakukan persalinan di layanan kesehatan: Hal ini karena di layanan kesehatan terdapat fasilitas yang memadai, sehingga meminimalisir komplikasi persalinan.

3. Bayi diimunisasi lengkap: Keluarga sehat bila anak sudah mendapatkan imunisasi dasar lengkap, seperti polio, BCG, hingga campak rubela.

4. Bayi memperoleh ASI ekslusif: Air susu ibu (ASI) merupakan makanan utama seorang bayi mulai dari usia 0-6 bulan. Pemberian ASI penting karena melindungi anak dari alergi dan penyakit lainnya.

Baca Juga: Program Keluarga Berencana, Ini 5 Alat Kontrasepsi yang Sering Digunakan

5. Tumbuh kembang balita dipantau: Pertumbuhan bayi perlu dipantai setiap bulannya hingga berusia 5 tahun, untuk memastikan apakah sesuai dengan usianya atau tidak.

6. Anggota keluarga tidak merokok: Asap rokok mengandung zat-zat beracun, yang tidak hanya membahayakan perokok, tapi juga orang yang terpapar atau perokok pasif.