Find Us On Social Media :

Cara Deteksi Kesehatan bayi dari PUP nya, Setiap Warna Punya Arti Klinis

Pantau feses bayi untuk mendeteksi kesehatannya.

GridHEALTH.id - Untuk mengetahui si kecil sehat atu tidak, pada bayi tentu susah-susah gampang.

Salah satunya, jika aktif, bisa disimpulkan bayi sehat.

Jika dia meneteknya kuat dan sering, pun bisa disimpulkan sehat.

Itu cara deteksi paling sederhana dan mudah, dilihat dari kasat mata.

Tapi bagimana dengan kondisi kesehatan bayi sebenarnya?

Untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi yang lebih mendalam secara kasat mata adalah dengan memerhatikan PUP alias feses si bayi.

Feses bayi yang sehat dan normal adalah yang warnanya cerah.Kemudian, teksturnya juga padat, tapi tidak terlalu keras tentunya.Jika tekstur pup bayi cair, maka bisa jadi sang buah hati mengalami masalah pencernaan.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Kedokteran Timur (TCM), Sejarah, Metode Pengobatan, Perkembangannya

Masalah pencernaan pada bayi bisa disebabkan karena susu yang diminumnya.Bisa jadi bayi tidak cocok dengan susu yang digunakan.Bukan hanya membuat tekstur pupnya lebih cair, ketidakcocokan susu juga bisa membuat warna feses bayi tidak cerah.Banyak bayi usai minum susu justru pup nya berwarna kehijauan.Kebanyakan orangtua tentu saja merasa panik ketika warna pup anak kehijauan.Menurut dr. Reza Abdussalam, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dari RSIA Brawijaya Antasari, penyebab feses anak bisa berwarna hijau karena tingginya kadar zat besi pada susu formula."Feses berwarna hijau itu berhubungan dengan kadar zat besi yang tinggi pada susu formula. Kalau tidak terserap dengan baik zat besinya, maka dampaknya akan terjadi pengeluaran pada feses, sehingga nampaknya lebih hijau," ungkap dr. Reza.Tapi, tidak menutup kemungkinan juga anak yang minum ASI akan mengeluarkan pup berwarna hijau.Kualitas dari ASI juga sangat menentukan pup yang akan dikeluarkan bayi seperti apa.

Baca Juga: Konsep Gizi Seimbang Sesuai Prinsip Pengobatan Tradisional Cina

Jika kualitasnya baik, maka pup bayi pun akan normal dan warnanya cerah.Namun, jika kualitas ASI buruk, maka masalah pencernaan bisa dirasakan bayi.Kemudian, kualitas ASI yang buruk juga membuat tumbuh kembang anak menjadi tidak optimal.Maka dari itu, penting sekali bagi ibu untuk mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup yang sehat, supaya kualitas ASI-nya tetap baik.Lantas, berbahayakah pup bayi berwarna hijau setelah minum susu formula?dr. Reza menjelaskan, feses berwarna hijau setelah minum susu formula sebenarnya bukan masalah yang serius.Tapi, perlu dilihat apakah ada gejala alergi atau tidak pada anak setelah minum susu tersebut."Ini bukan suatu masalah, tapi balik lagi permasalahannya itu dilihat ada tanda alergi atau tidak, kenaikan berat badannya sesuai atau tidak. Jadi, bukan di fesesnya," sambung dr. Reza.Ketika pup bayi berwarna hijau, bukan berarti harus segera mengganti susu formula yang digunakan.

Baca Juga: Cara Masuk Fakultas Kedokteran Swasta, Harus Punya 3 Modal Dasar Ini