Find Us On Social Media :

14 Fakta Menarik Seputar Kemampuan Tubuh yang Unik, No 12 Bikin Kaget

Inilah kemampuan unik yang dimiliki tubuh sebagai tanda dari respons terhadap sesuatu.

GridHEALTH.id - Tubuh manusia diciptakan dengan kompleks dan memiliki keterkaitan yang kuat satu dengan yang lain dalam membangun sebuah sistem kerja tubuh.

Maka, tidak heran jika tubuh memiliki berbagai keunikan, yang seringkali tidak disangka oleh manusia dan jarang diketahui banyak orang.

Berikut ini beberapa fakta menarik seputar kemampuan unik tubuh manusia:

1. Pembekuan otak - kondisi di mana otak seketika seperti membeku dan timbul rasa sakit yang menusuk pada bagian otak, akibat dari minuman atau makanan yang terlalu dingin menyentuh saraf di langit-langit mulut, lalu memicu pembuluh darah bagian depan kepala membengkak dan pembengkakan yang terjadi dengan cepat ini memicu rasa sakit di otak.

Untuk menghindari situasi seperti ini, mulailah mengkonsumsi makanan atau minuman dingin dengan perlahan dan lebih lambat untuk menghindari sakit kepala.

2. Keringat berlebih/hiperhidrosis - kondisi seperti ini mungkin umum terjadi pada banyak orang, namun ini adalah kondisi di mana tubuh memberikan tanda bahwa dalam kondisi benar-benar sehat.

3. Cegukan - kondisi di mana terjadinya kontraksi diafragma yang tidak terkendali, ini menjadi respons dari tubuh karena makan terlalu banyak atau cepat, konsumsi alkohol berlebih, atau menelan udara.

4. Kesemutan - kesemutan umum terjadinya, yang sebenarnya merupakan respons dari tubuh manusia akibat tekanan konstan pada saraf sehingga saraf tidak dapat mengirim pesan ke otak.

5. Perubahan warna kuku - warna pada kuku juga menjadi kemampuan unik tubuh untuk menunjukkan bahwa kuku tengah terinfeksi oleh bakteri, jamur, cedera, dan efek dari pengobatan penyakit lainnya.

Baca Juga: Kembali Bekerja Pasca Serangan Stroke, Kenapa Tidak ? Ini Yang Harus Diperhatikan

 Untuk warna kuku hijau biasanya karena ada bakteri pseudomonas, untuk kuku kuning adalah tanda dari jamur, lalu kuku berwarna merah, ungu, atau hitam bisa menjadi tanda dari cedera.

6. Telinga tersumbat dan terdengar bunyi 'pop' - Ini adalah kemampuan unik lainnya dari tubuh yang biasanya paling sering muncul saat berada di pesawat atau tempat dengan tekanan udara tinggi, yang mengakibatkan telinga seperti sulit mendengar karena ada perbedaan tekanan udara di luar dan dalam telinga.