Find Us On Social Media :

Batu Empedu Penyakit yang Sempat Membuat Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Dirawat

Kondisi kesehatan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo telah membaik setelah operasi batu empedu.

GridHEALTH.id - Kondisi kesehatan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo sempat dikabarkan tengah menurun, hal ini terlihat dari unggahan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Saroni dalam postingan instagramnya @ahmadsahroni88.

Lebih lanjut, dalam postingan yang telah diunggah sejak hari Selasa (28/06/2022) telah mendapat respons langsung dari Bambang Soesatyo yang menyatakan dirinya telah pulih di dalam kolom komentar, melalui akun resminya @bambang.soesatyo.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, penyebab dari menurunnya kondisi kesehatan Ketua MPR RI dikarenakan adanya batu empedu yang saat ini telah dilakukan pengangkatan melalui operasi.

Setelah kembali pulih setelah sebelumnya harus berbaring di rumah sakit, melalui akun instagramnya Bambang Soesatyo terlihat telah kembali beraktivitas.

Gejala dan Penyebab Batu Empedu

Batu empedu disebut juga dengan Gallstones atau Cholelithiasis, merupakan edapan cairan pada pencernaan yang mengeras dan terbentuk pada kantong empedu.

Kantong empedu berada di sisi kanan perut, tepat di bawah hati yang berbentuk kecil seperti buah pir, berfungsi untuk menampung cairan pencernaan (empedu) yang dilepaskan ke usus kecil.

Batu empedu yang terbentuk biasanya berukuran kecil seperti pasir hingga sebesar bola golf, jumlahnya pun berbeda-beda pada setiap orang, dalam beberapa orang bisa terbentuk beberapa batu empedu.

Saat batu empedu ini terbentuk, hasilnya seseorang harus memerlukan operasi untuk mengangkat kantong empedu, tempat batu empedu berada.

Baca Juga: 13 Ciri Perempuan yang Paling Berisiko Mengalami Penyakit Batu Empedu

Dalam beberapa kasus tidak ada tanda dan gejala dari terbentuknya batu empedu, namun untuk batu empedu yang menyumbat saluran dan tersangkut akan menimbulkan beberapa gejala, seperti:

- Rasa sakit tiba-tiba dan meningkat cepat pada bagian kanan atas, tengah perut, dan tepat di bawah tulang dada.