Find Us On Social Media :

Sakit Punggung Dialami Oleh Tiga Perempat Wanita Hamil, ini Gejalanya

Sakit punggung pada ibu hamil jangan diabaikan dan dianggap biasa.

GridHEALTH.id - Salah satu masalah klasik yang sepertinya selalu dialami oleh ibu hamil adalah sakit punggung.

Asal tahu saja, faktanya tiga perempat ibu hamil mengalami sakit punggung saat hamil.

Tapi tahu kah, penyebab sakit punggung saat hamil adalah perubahan hormon yang mengendurkan sendi serta ligamen yang mengikat tulang panggul ke tulang belakang.

Hal ini dapat membuat ibu hamil merasa kurang stabil dan sakit saat berjalan, berdiri, duduk untuk jangka waktu yang lama, berguling di kasur, berdiri dari duduk di kursi yang pendek, berlutut, termasuk saat mengangkat benda-benda.

Kemunculan Sakit Punggung Saat Hamil

Sakit punggung paling sering muncul setelah trimester kedua dan akan bertambah buruk menjelang persalinan.

Bahkan sakit punggung mungkin juga masih akan dirasakan setelah melahirkan tapi umumnya akan menghilang dalam beberapa bulan.

Menurut para ahli, sakit punggung yang umum dialami saat hamil memiliki dua pola: sakit pinggang, yang muncul di area pinggang dekat tulang belakang dan punggung bagian bawah, serta nyeri panggul yang muncul di panggul belakang.

Ibu hamil bisa menderita salah satu dari kedua pola ini atau keduanya.

Baca Juga: Fakta Dibalik Hebohnya Ganja untuk Pengobatan juga Terapi Cerebral Palsy, Ternyata ...

Sakit pinggang yang dialami ibu hamil umumnya terasa di sekitar tulang belakang yang tingginya sama dengan pinggang. Rasa sakit itu mungkin juga akan dirasakan menjalar sampai ke kaki.

Duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama serta mengangkat barang-barang biasanya membuat sakit di area pinggang semakin memburuk, terutama di pengujung hari.