Find Us On Social Media :

Manfaat Pemeriksaan Nutrigenomik, Melihat Buku Tubuh Kita yang Memberi Rambu-rambu dalam Perspektif Nutrisi

GridHEALTH mencoba pemeriksaan nutrigenomik, yang mempunyai manfaat memberitahu apa yang baik bagi tubuh dalam perspektif gizi.

GridHEALTH.id – Apakah Anda pernah mendengar tentang pemeriksaan nutrigenomik (nutrigenomic test)?

Kalau ya, Anda mungkin tahu kalau pemeriksaan nutrigenomik ini memberikan manfaat agar kita mengerti respon tubuh kita yaitu bagaimana profil gen yang mempengaruhi tubuh dalam merespon/memetabolisme nutrisi.

Dan kalau Anda belum pernah tahu apa itu pemeriksaan nutrigenomik dan manfaatnya, Anda perlu tahu kalau pemeriksaan ini ibaratnya adalah sebuah buku cetak biru (manual book) yang memberitahu seperti apa tubuh Anda. Jadi, dengan melihat “buku” ini, Anda bagaikan melihat sebuah rambu yang memberitahu Anda untuk boleh makan ini, jangan makan itu, atau boleh tapi harus mengurangi jumlahnya.

Manfaat pemeriksaan nutrigenomik

Pemeriksaan nutrigenomik ini mempunyai beberapa manfaat penting, antara lain:

1. Untuk memilih jenis diet yang tepat sesuai dengan gen yang dimiliki.

2. Sebagai panduan penyesuaian asupan nutrisi yang kita perlukan dan olahraga yang kita lakukan untuk disesuaikan dengan DNA tubuh.

3. Membantu menentukan prioritas kebutuhan nutrisi sesuai dengan karakteristik metabolism yang pengaruhi gen.

4. Membantu  pencegahan penyakit secara personal terhadap obesitas, diabetes, hipertensi dan kardiovaskular, autoimun serta kanker.

Baca Juga: 5 Pedoman Gizi Seimbang, Kunci Utama Hidup Sehat Bebas Penyakit

Lalu apa bedanya pemeriksaan nutrigenomik ini dengan konsultasi dengan ahli gizi?

“Kita akan punya data, seperti buku manual tubuh kita. Ini memberi informasi mengenai nutrisi yang sesuai dengan karakter gen kita, ibaratnya mobil yang memiliki manual book sehingga si empunya mobil bisa melakukan perwatan yang pas, seperti bahan bakar apa yang sesuai sehingga awet dan tahan lama.