Find Us On Social Media :

Dokter Dante Saksono: Kemenkes Akan Evaluasi Ulang Penerapan Barcode Peduli Lindungi di Mal & Perkantoran

Wamenkes, dr. Dante Saksono Harbuwoni, SpPD, PhD, KEMD. Menkes akan evaluasi ulang terkait kendornya pelaksanaan scan barcode PeduliLindungi di mal dan perkantoran.

GridHEALTH.id - Kendornya penerapan barcode Peduli Lindungi sebagai syarat masuk mal, perkantoran, dan tempat-tempat umum tengah menjadi fokus kajian.

Sebelumnya, Menko Airlangga juga kembali mengingatkan kepada masyarakat setelah memonitor langsung beberapa mal dan ditemukan banyak mal yang sudah tidak lagi mewajibkan scan PeduliLindungi, meskipun barcodenya tetap dipajang.

Menanggapi hal tersebut, Wamenkes, dr. Dante Saksono Harbuwoni, SpPD, PhD, KEMD, kepada GridHEALTH.id, memberikan tanggapan langsung terkait kendornya penerapan barcode Peduli Lindungi saat ditemui di Gedung Kemenkes, pada hari Selasa (05/07/2022) ini.

Kemenkes menyatakan akan melakukan evaluasi ulang terkait kendornya scan barcode PeduliLindungi ini.

Serta mengaktifkan kembali tempat-tempat yang dianggap sudah mulai kendor untuk menerapkan secara ketat pelaksanaan scan barcode PeduliLindungi di berbagai tempat.

"Kalau kendor ya harus kita kencangkan lagi supaya terus menjadi barier dan terus untuk menjaga penularan Covid lebih lanjut," kata Wamenkes, dr. Dante.

Ada Hukuman?

Tidak langsung pada pemberian hukuman, Wamenkes menyebutkan yang utama adalah pembinaan setelah diadakannya evaluasi.

Evaluasi ini yang nantinya akan berkaitan dengan pemberian himbauan dan pembinaan kepada setiap lembaga dan instansi, seperti mal, perkantoran, dan tempat lainnya yang berisiko pada penyebaran Covid-19.

Kemenkes sendiri menyebut telah mengetahui data dari setiap mal, perkantoran, dan berbagai instansi yang dirasa telah kendor dalam pelaksanaan scan barcode PeduliLindungi ini.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik, Masyarakat Tetap Boleh Lepas Masker di Ruang Terbuka

Dari data tersebut akan menunjukkan berapa banyak pengunjung yang melakukan scan barcode PeduliLindungi dengan yang tidak.