Find Us On Social Media :

Inilah Komplikasi Emboli Air Ketuban yang Dialami Happy Damanik

Gambaran cairan yang masuk dan mengakibatkan komplikasi emboli air ketuban, seperti kasus Happy Damanik.

GridHEALTH.id - Dalam beberapa kasus tertentu, operasi caesar dapat menimbulkan komplikasi, salah satunya adalah komplikasi emboli air ketuban.

Dunia maya sempat dihebohkan dengan unggahan seorang pria bernama Afrianto yang menceritakan kisahnya kehilangan istri, bernama Happy Damanik setelah operasi caesar dan koma selama 14 hari.

Afrianto mengatakan, istrinya mengalami komplikasi emboli air ketuban, lalu seperti apa sebenarnya komplikasi ini, inilah ulasan mengenai komplikasi emboli air ketuban.

Emboli air ketuban merupakan kejadian yang jarang terjadi, namun menjadi salah satu penyebab penting dari kematian akibat persalinan pada ibu hamil dan kematian janin, terutama di negara-negara berkembang.

Komplikasi emboli air ketuban adalah peristiwa masuknya air ketuban yang mengandung sel-sel janin dan material debris lainnya masuk ke dalam pembuluh darah yang terbuka, sehingga ibu hamil mengalami syok sirkulasi hingga kolaps.

Syok sirkulasi yang dimaksud adalah adanya penurunan tekanan darah sehingga fungsi tubuh tidak stabil.

Biasanya terjadi pada saat kehamilan dan persalinan, atau sesaat setelah melahirkan.

Komplikasi ini cukup sulit dikenali dan didiagnosis, serta lebih berisiko pada proses operasi caesar, dibandingkan proses melahirkan pervaginam.

Gambaran klinis yang mungkin dialami oleh ibu hamil adalah sesak yang tiba-tiba, gagal napas, dan hipotensi yang diikuti oleh kolaps kardiovaskuler, DIC (gangguan pembekuan darah), dan kematian.

Baca Juga: Koma Setelah Operasi Caesar Lalu Meninggal, Seperti Inilah Bahayanya Operasi Persalinan yang Dialami Happy Damanik

Pengobatan terkait komplikasi emboli air ketuban masih berupa terapi suportif bukan kausatif, dan berfokus pada stabilisasi sistem jantung dan paru secara cepat.

Tujuan dari terapi ini adalah mencegah terjadinya hipoksia (kondisi kurangnya oksigen dalam sel dan jaringan tubuh) tambahan pada organ lain dan kegagalan organ.