Find Us On Social Media :

Usia Tak Bisa Jadi Jaminan Kondisi Tubuh dan Emosional Seseorang

Ciri perbedaan usia kronologis, psikologis, dan biologis manusia.

GridHEALTH.id - Pernah dengar istilah usia tidak bisa dilihat hanya dari angka? Nyatanya hal tersebut benar adanya.

Hal ini karena usia yang selama ini diketahui dan dihitung berdasarkan ulang tahun, bisa berbeda dengan usia tubuh maupun mental.

Tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah remaja jompo. Di mana seseorang yang usianya masih muda, tapi mudah sakit seperti orang lanjut usia (lansia).

Begitu juga dengan orang yang sudah dewasa, tapi cara berpikir dan sikapnya masih kekanak-kanakan.

Menurut penulis dan dosen psikologi di Universitas Texas, John W. Santrock, usia seseorang dibagi dalam tiga kategori yang bergantung pada tahapan hidup.

Ketiga jenis usia itu yakni usia kronologis, usia biologis, dan usia psikologis. Seseorang dengan usia kronologis muda, bisa memiliki usia biologis dan psikologis tua.

Begitu juga sebaliknya, orang yang sudah berusia lanjut bisa saja fisik dan mentalnya muda.

Dilansir dari APA, usia kronologis adalah tahapan umur yang dihitung sejak lahir dan disebutkan dalam bulan ataupun tahun.

Sementara usia biologis atau bisa juga disebut usia tubuh, menggambarkan umur dari sel-sel tubuh.

Baca Juga: Seperti Ini Kondisi Organ Tubuh Manusia di Usia 60 Tahun, 4 Hal Ini Harus Diterima

Sehingga tidak bisa hanya dilihat dari angka ataupun penampilan saja. Karena bisa saja usia sel lebih tua daripada usia kronologis.

Melansir Healthline, usia biologis ditentukan berdasarkan usia kronologis, genetika (seberapa cepat pertahanan tubuh bekerja), gaya hidup, nutrisi yang masuk dalam tubuh, dan penyakit yang diderita.