Find Us On Social Media :

Perawatan Kaki Diabetes, Komplikasi yang Sering Menyerang Pasien Diabetes

Perawatan kaki diabetes untuk mengenali gejala luka kaki diabetes untuk kurangi risiko amputasi.

GridHEALTH.id - Kaki diabetes atau ulkus kaki diabetes adalah luka atau luka terbuka yang terjadi pada sekitar 15% pasien diabetes, dan umumnya terletak di bagian bawah kaki.

Dari mereka yang mengembangkan ulkus kaki, 6% akan dirawat di rumah sakit karena infeksi atau komplikasi terkait ulkus lainnya. Untuk itulah diperlukan perawatan kaki diabetes.

Diabetes adalah penyebab utama amputasi ekstremitas bawah nontraumatik di Amerika Serikat, dan sekitar 14 hingga 24% pasien diabetes yang mengalami ulkus kaki harus diamputasi.

Penelitian, bagaimanapun, telah menunjukkan bahwa perkembangan ulkus kaki dapat dicegah.

Siapa yang berisiko mengalami ulkus kaki diabetik?

Siapapun yang memiliki diabetes dapat mengembangkan ulkus kaki. Penduduk asli Amerika, Afrika Amerika, Hispanik dan pria yang lebih tua lebih mungkin untuk mengembangkan bisul.

Orang yang menggunakan insulin memiliki risiko lebih tinggi terkena ulkus kaki, seperti juga pasien dengan penyakit ginjal, mata, dan jantung terkait diabetes.

Kelebihan berat badan dan penggunaan alkohol dan tembakau juga berperan dalam perkembangan ulkus kaki.

Bagaimana ulkus kaki diabetik terbentuk?

Baca Juga: Respons Imunitas Tubuh Yang Buruk Mengganggu Penyembuhan Luka Diabetes, Studi

Baca Juga: Healthy Move, Tren Baru 'Silly Little Walk' di TikTok Bisa Menambah Kebugaran dengan Berjalan Kaki

Ulkus terbentuk karena kombinasi faktor, seperti kurangnya rasa di kaki, sirkulasi yang buruk, kelainan bentuk kaki, iritasi (seperti gesekan atau tekanan), dan trauma, serta durasi diabetes.