Find Us On Social Media :

Buah Merah, Mirip Nangka Tumbuh di Papua Bermanfaat Kaya Antioksidan

Buah merah dari Papua. Warnanya menandakan kaya antioksidan

GridHEALTH.id - Buah merah, secara ilmiah disebut Pandanus Conoideus adalah tanaman uah tropis yang memiliki beberapa nama umum seperti Kuansu, Buah Merah, Screwpine, Marita, Minyak Pandan dan Pandan Merah.

Ini adalah buah eksotis yang banyak tumbuh di daerah pegunungan Papua, Indonesia, Jayawijaya dan Timika.

Buah Merah atau buah Merah mendapatkan namanya dari istilah Indonesia 'Buah' berarti buah dan 'Merah' berarti merah, sehingga nama buah Merah dan terlihat seperti wortel besar.Buah merah tumbuh dalam ukuran yang sangat besar dengan panjang sekitar 100 cm, diameter 18 cm dan berat sekitar 7,5 kg.

Kepala buah berbentuk lonjong dengan ujung tumpul dan berbentuk silindris, jika sudah masak. Kulit luar buahnya terlihat seperti nangka.

Produk tropis yang lembut ini dipercaya memiliki banyak khasiat obat yang digunakan oleh penduduk asli untuk mengobati beberapa penyakit kesehatan, serta suplemen yang baik.

Sifat penyembuhan buah merah ditemukan oleh ahli biologi Dr Made Budi pada tahun 2000. Penduduk asli Indonesia mengkonsumsi buah merah dalam jumlah besar secara teratur, dan ini membantu mereka untuk mengobati beberapa masalah kesehatan.

1. Menigkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah merah menjadi pembangkit tenaga antioksidan, asam lemak omega 3 dan 9, dan buah merah beta karoten menambah daya tahan tubuh terhadap patogen dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Mengkudu, Membantu Mengatasi Kadar Gula Darah Tinggi

Baca Juga: Pejabat WHO Sebut Centaurus, Varian Baru Covid BA.2.75 Ditemukan di India

Baca Juga: Dilarang Merokok Selama Program KB dengan Pil, Bahayanya Bisa Emboli Jantung

2. Membantu mengatur kadar gula darah