Find Us On Social Media :

Minum Kopi Bisa Hilangkan Rasa Mabuk Akibat Alkohol dan Mitos Lainnya

Minum kopi dan beberapa mitos lainnya, tidak bisa hilangkan rasa mabuk akibat minuman alkohol.

GridHEALTH.id - Saat seseorang meminum terlalu banyak minuman alkohol, tentu hasilnya akan muncul rasa mabuk yang membuat hilangnya kesadaran, namun sebagian orang banyak yang menginginkan kembali sadar dalam waktu singkat.

Hingga banyak orang yang beranggapan bahwa dengan minum kopi dapat kembali meningkatkan kesadaran dan menghilangkan rasa mabuk akibat alkohol karena kandungan kafeinnya, tapi ternyata ini hanyalah sebuah mitos.

Berikut ini beberapa ulasan terkait mitos lainnya yang bisa menghilangkan rasa mabuk akibat alkohol, selain mitos minum kopi.

Beberapa mitos terkait cara untuk seseorang sadar dan menghilangkan rasa mabuk akibat alkohol adalah:

1. Minum kopi - Ini adalah mitos, kandungan kafein dalam kopi memang bisa membuat seseorang terjaga, namun bukan berarti mempercepat proses pengeluaran alkohol dari tubuh, justru dengan minum kopi banyak orang beranggapan rasa mabuk sudah mulai hilang dan cukup sadar walaupun nyatanya tidak sama sekali.

2. Mandi air dinginDalam beberapa kasus, seseorang dalam kondisi mabuk yang langsung mandi air dingin justru bisa menyebabkan orang kehilangan kesadaran karena rasa kejutan yang diberikan tubuh bukan menghilangkan rasa mabuk dan ini adalah mitos.

3. Makan makanan berlemak - Makanan berlemak mungkin bisa menjadi cara untuk memperlambat alkohol diserap ke dalam darah, namun faktanya hanya butuh sekitar 10 menit untuk alkohol diserap, hal ini berarti makanan berlemak tidak cukup cepat untuk menahan kadar alkohol yang akan masuk ke dalam darah maka hasilnya tentu tidak dapat menghilangkan rasa mabuk.

Di sisi lain, makanan berlemak jika dicampurkan dengan minuman alkohol dapat menyebabkan diare.

4. Memuntahkannya - Kecepatan alkohol diserap oleh aliran darah tidak sebanding dengan kecepatan muntah seseorang, sehingga ini adalah mitos untuk menghilangkan rasa mabuk dari minuman alkohol.

Baca Juga: Sudah Tahu Tidak Baik Untuk Kesehatan Tapi Tetap Dikonsumsi, Ini 8 Alasan Mengapa Orang Masih Menenggak Alkohol

 Muntah hanya akan membantu meredakan rasa mual akibat terlalu banyak meminum minuman alkohol, bukan untuk menghilangkan rasa mabuk.

Rasa mabuk akibat alkohol pada dasarnya adalah proses dalam tubuh yang terjadi saat seseorang meminum minuman dengan kadar alkohol yang tidak sesuai dengan kemampuan tubuh dalam memecah kandungan alkohol.