Find Us On Social Media :

Buah Naga, Disebut Buah Obat Karena Membantu Mengatasi Diabetes Hingga Obesitas

Buah naga, mempunyai beragam manfaat sebagai buah obat.

GridHEALTH.id - Buah naga adalah buah sejenis kaktus yang tumbuh di daerah kering Amerika Selatan. Biasanya kulit buah naga berwarna merah dan daging buahnya berwarna merah atau putih. Buah naga terkadang digunakan sebagai obat. Buahnya juga populer sebagai makanan.Buah naga digunakan untuk membantu mengatasi diabetes, pradiabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, dan banyak kondisi lainnya, meskipun sejauh ini yang muncul adalah bukti empiris.Buah naga dapat dimakan mentah atau dibuat menjadi anggur, jus, olesan, atau makanan penutup. Bunganya terkadang dimakan sebagai sayuran atau dibuat menjadi teh.Dalam pembuatannya, kulit buahnya digunakan sebagai pewarna makanan dan sebagai pengental.

Buah naga mengandung bahan kimia yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini mungkin membantu melindungi tubuh.

Diabetes. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga tidak menurunkan kadar gula darah pada kebanyakan penderita diabetes tipe 2.

Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah dosis yang lebih tinggi mungkin bermanfaat.

Penelitian awal juga menunjukkan bahwa buah naga dapat menurunkan kadar gula darah pada sebagian besar pasien pradiabetes. Dosis yang lebih tinggi tampaknya paling efektif.

Tetapi buah naga dapat mengganggu kontrol gula darah. Untuk itu, berhentilah mengonsumsi buah naga setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi bila hendak melakukannya.

Baca Juga: Tip Diabetes : Makan Buah Naga Untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Baca Juga: Healthy Move, 3 Kesalahan Melakukan Peregangan dan Cara Memperbaikinya

Bagi penyandang diabetes, perlu diperhatikan bahwa obat diabetes (obat antidiabetes) berinteraksi dengan buah naga.

Sebabnya, buah naga dapat menurunkan gula darah. Obat diabetes juga digunakan untuk menurunkan gula darah.

Mengkonsumsi buah naga bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah terlalu rendah. Pantau gula darah dengan cermat.  Penggemar jus buah naga setiap hari, dosis obat diabetes  mungkin perlu diubah.Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes termasuk glimepiride (Amaryl), glyburide (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, metformin (Glucophage), pioglitazone (Actos), rosiglitazone (Avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide ( Orinase), dan lain-lain.

Dosis buah naga yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.