Find Us On Social Media :

Deteksi Dini Keterlambatan Bicara Anak yang Bisa Orangtua Lakukan Sendiri

Deteksi dini keterlambatan bicara pada anak.

GridHEALTH.id - Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang arbitrer, digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya.

Ada juga yang mendifiniskan bahasa adalah ucapan, bukan tulisan, yang menggabungkan antara bunyi dan makna.

Tidak ada kaitan antara lambang, bunyi dan makna. Itu yang dimaksud dengan arbitrer, sebagai salah satu sifat bahasa.Definisi lain tentang bahasa adalah sistem lambang atau simbol bunyi yang berkembang berdasarkan suatu aturan yang disepakati oleh pemakainya.

Setiap lambang bahasa memiliki makna atau konsep. Karena setiap lambang bunyi itu memiliki atau menyatakan suatu konsep atau makna, maka dapat disimpulkan bahwa setiap suatu ujaran bahasa memiliki makna. Bahasa pun suatu alat kita berkomunikasi dalam kehidupan, dan kita manusia adalah makhluk komunikasi, yang tidak bisa tidak untuk tidak berkomunikasi.

Kemampuan bahasa seseorang diawali dari perkembangan bicara.

Berbicara sebagai sebuah keterampilan mental-motorik melibatkan koordinasi antara kumpulan otot mekanisme suara yang berbeda dengan kemampuan mengaitkan arti terhadap bunyi yang dihasilkan.

Karenanya perkembangan bicara adalah perkembangan bahasa pada manusia yang sangat penting, dan harus diperhatikan betul pada semua anak. Sebab awal perkembangan bicara adanya di usia anak.

Baca Juga: Kram Kaki Malam Hari, Hati-hati 5 Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Namun harus diingat, kemampuan berbicara yang dimiliki oleh seorang anak tidak selalu sama dengan anak yang lain.

Ada anak yang mengalami perkembangan berbicara dengan cepat dan ada pula yang mengalami keterlambatan perkembangan berbicara.

Seorang anak dianggap memiliki kemampuan berbicara yang baik jika dapat membuat bunyi atau suara yang sesuai dengan tingkat usianya.

Sebaliknya, jika perkembangan berbicara secara signifikan berada di bawah rata-rata anak seusianya maka dapat dikatakan bahwa anak tersebut mengalami keterlambatan berbicara atau speech delay.Dalam keadaan seperti ini, orang tua harus mampu memberikan perhatian lebih, karena keterlambatan berbicara dapat mempengaruhi kehidupan anak di masa mendatang.