Find Us On Social Media :

Pepaya, Buah Obat Alami Untuk Mengatasi Asam Lambung dan Sembelit

Pepaya, buah obat alami atasi gangguan pencernaan.

GridHEALTH.id -  Pepaya mengandung enzim pencernaan alami yang disebut papain. Enzim pencernaan membantu memecah makanan yang kita makan sehingga kita dapat mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan itu dengan baik. Mereka juga membantu meringankan gejala seperti kembung, sembelit, dan gas.

Ada tiga jenis enzim pencernaan yang berbeda, dan masing-masing bekerja pada makronutrien yang berbeda:

- Enzim amilase membantu memecah karbohidrat menjadi gula.

- Enzim protease membantu memecah protein menjadi asam amino.

- Enzim lipase membantu memecah lemak (juga disebut trigliserida) menjadi asam lemak.Enzim pencernaan papain dalam pepaya adalah jenis protease yang membantu memecah protein dari makanan yang kita makan.

Satu studi menemukan bahwa orang yang berjuang dengan gejala sindrom iritasi usus besar melaporkan perbaikan yang signifikan dalam sembelit dan kembung setelah menelan suplemen pepaya yang disebut Caricol dalam jumlah 20 mL selama 40 hari.Studi ini menyimpulkan bahwa pepaya berkontribusi pada fungsi normal saluran pencernaan. Satu pepaya kecil mengandung sekitar 3 g serat, yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain tetapi masih dapat membantu memenuhi asupan harian yang direkomendasikan 25 g untuk wanita dan 38 g untuk pria.Serat mendukung pembentukan normal dan kelancaran buang air besar (kotoran). Enzim papain dalam pepaya juga dapat membantu pemecahan makanan dan mendukung pergerakan usus yang normal.

Baca Juga: 7 Manfaat Rutin Minum Jus Daun Pepaya, Bisa Mencegah Penyakit Kanker

Baca Juga: Masuk Mal dan Naik Angkutan Umum Sudah Wajib Booster, Pakar IDAI Sebut Anak Belum Membutuhkan

Contoh mengonsumsi pepaya yang sehat adalah potong pepaya menjadi dua memanjang, dan keluarkan bijinya.

Kita bisa mengiris, memotong dadu, atau menyendok daging yang bisa dimakan dan manis sebelum memakannya.

Kita dapat menambahkan pepaya ke banyak resep, seperti smoothie, salsa, dan salad, selain memakannya sendiri.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran per hari untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Karena pepaya adalah buah, maka dapat membantu memenuhi asupan ini.Namun, yang terbaik adalah mengkonsumsi berbagai buah-buahan, karena masing-masing dapat memberikan nutrisi yang berbeda dan berkontribusi pada asupan nutrisi yang lebih luas secara keseluruhan.