Find Us On Social Media :

Ringworm Pada Manusia Dapat Diatasi Dengan 7 Bahan Alami Ini

Inilah bahan-bahan alami untuk mengatasi ringworm pada manusia yang bisa dicoba.

GridHEALTH.id - Ringworm pada manusia atau dikenal dengan penyakit kurap adalah penyakit kulit yang terjadi akibat adanya jamur tinea dan dapat menyebar baik dari hewan ataupun sesama manusia, sehingga perlu diperhatikan penyebarannya.

Disebut dengan ringworm karena menyebabkan ruam berbentuk lingkaran berwarna merah seperti cincin dan terasa gatal.

Pengobatan ringworm pada manusia bisa diatasi dengan berbagai macam cara, baik dengan penggunaan obat, seperti obat OTC bahan miconazole, namun bisa juga diatasi dengan tujuh bahan alami ini.

Ketujuh bahan alami yang dipakai untuk mengatasi ringworm pada manusia, seperti:

1. Sabun dan air - area kulit pada manusia yang terkena ringworm harus dipastikan sebersih mungkin, sehingga mencegah penyebaran ruam lebih lanjut pada area kulit lainnya.

Maka penggunaan sabun antibakteri dan air adalah cara efektif dan mudah dilakukan di rumah untuk memastikan tidak adalagi ringworm pada area kulit lainnya di manusia, caranya dengan mencuci bersih area yang terkena ringworm kemudian pastikan area terinfeksi kering secara penuh.

2. Cuka apel - kandungan cuka apel yang bersifat antijamur dapat membantu mengobati ringworm pada manusia, untuk penggunaan bahan alami ini dapat dengan merendam bola kapas dalam cuka apel murni dan lumuri pada bagian kulit yang terinfeksi ringworm sebanyak tiga kali sehari.

3. Minyak kelapa - mengobati ringworm dengan bahan alami juga dapat dilakukan dengan minyak kelapa, yang dikenal dengan obat rumah topikal yang sangat efektif untuk obati ringworm dan infeksi jamur lainnya pada manusia.

Bahkan, minyak kelapa sebagai bahan alami yang juga cocok mengobati ringworm pada kulit kepala manusia, dengan menggunakannya sebagai kondisioner rambut dan pada bagian kulit lainnya minyak kepala dapat dicairkan lalu dioleskan pada area yang terkena dan gunakan sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga: Ringworm Pada Manusia, Bisa Diobati Salep Miconazole yang Dijual Bebas

 4. Minyak tea tree - minyak tea tree sudah digunakan sebagai obat alami antijamur dan antibakteri oleh penduduk asli Australia dan sekarang sudah mulai banyak yang menggunakan, caranya adalah dengan mengoleskan minyak tea tree ke daerah yang terkena ringworm sebanyak dua atau tiga kali sehari dengan kapas dan untuk kulit yang sensitif bisa mencampurkannya dengan minyak lain seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

5. Lidah buaya - mengobati ringworm pada manusia menggunakan bahan alami selanjutnya adalah dengan lidah buaya yang sudah berbentuk salep ataupun gel lalu mengoleskan ke area yang terinfeksi sebanyak tiga kali sehari, dengan demikian lidah buaya akan membantu meredakan rasa gatal, peradangan, dan infeksi ringworm pada manusia.