Find Us On Social Media :

8 Manfaat Manggis Buah Berwarna Ungu, Sampai Disebut Ratunya Buah

Manfaat manggis

GridHEALTH.id - Buah manggis, buah berwarna ungu adalah buah asli Asia Tenggara, tepatnya berasal dari Thailand.

Buahnya memiliki daging buah berwarna putih, beruas-ruas dengan biji. Sementara nama ilmiah buahnya adalah Garcinia mangostana.

Lezat, berair, dan penuh dengan banyak manfaat kesehatan, buah tropis ini sampai disebut ratunya buah. Dikutip dari Food NDTV, berikut 8 manfaat luar biasa dari manggis;

1. Sumber antioksidan

Manggis merupakan sumber yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Antioksidan khusus yang ditemukan berlimpah yang memberi buah keunggulan unggul, adalah kelas senyawa polifenol alami yang dikenal sebagai Xanthone.

Manggis memiliki dua kelas Xanthones, manggis alfa dan manggis gamma. Buah manggis dikatakan mengandung setidaknya 20 Xanthone yang diketahui, sebagian besar ditemukan di dinding buah atau pericarp buah.

Xanthone bekerja untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan merusak radikal bebas, antioksidan ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mulai  pilek dan flu, risiko kanker, dan gangguan jantung.

2. Meningkatkan imunitas

Xanthone ditambah dengan vitamin C yang ditemukan berlimpah di manggis bekerja sangat baik untuk sistem kekebalan yang ditingkatkan dan ditingkatkan.

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Kita Semua, Kulit Manggis Dipercaya Ampuh Tangkal Virus Corona

Baca Juga: Obat Kumur Povidone-Iodine Mengurangi Gejala Klinis Pada Pasien Covid-19 di Wisma Atlet, Studi

Sementara Xanthone melakukan bagian mereka dalam memerangi radikal bebas, Vitamin C mempromosikan produksi dan fungsi leukosit atau sel darah putih, yang bertanggung jawab utama untuk kekebalan yang baik.