Find Us On Social Media :

Ini Pesan Dokter Agar Berat Badan Terjaga Usai Operasi Bariatrik

Pasien yang sudah melakukan operasi bariatrik harus berkomitmen menjalani gaya hidup baru.

GridHEALTH.id - Berat badan yang terlalu tinggi, masih menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Kelebihan berat badan mempengaruhi banyak faktor kehidupan.

Mulai dari penampilan hingga kondisi kesehatan. Berat badan yang berlebih, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit serius.

Belakangan, operasi bariatrik yang merupakan salah satu metode untuk membantu menurunkan berat badan, banyak diperbicangkan.

Terlebih ketika musisi Melly Goeslaw melalui akun Instagramnya, mengumumkan kalau ia melakukan operasi bariartik untuk menurunkan berat badan.

Ia memang sempat menjalani program diet dan berhasil menurunkan berat badan hingga 25 kilogram. Hanya saja, beratnya belum mencapai berat badan ideal dan masih terbilang obesitas.

"Aku mengambil langkah Bariartic ini karena emang setelah program diet dan turun 25kg lebih, aku tetap obes 35kg, dan mentok nggak bisa turun-turun lagi," tulis Melly Goeslaw di akun Instagramnya, Selasa (19/7/2022).

Dokter Spesialis Bedah Subspesialis Bedah Digestif, Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B.SubBDig, mengatakan pasien yang menjalani operasi bariartik berat badannya akan mengalami penurunan sekitar 6 hingga 1 tahun.

Namun menurutnya, pasien yang menjalani operasi bariatrik untuk selalu berkomitmen menjalani gaya hidup yang baru dan lebih sehat.

Karena, operasi bariatrik bukanlah cara instan bagi pasien obesitas untuk mendapatkan berat badan ideal selamanya.

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Operasi Bariatrik, Membantu Menurunkan Berat Badan

"Bedah bariartik bukanlah peluru emas, tiket jalan-jalan, karcis bioskop di mana pasien tinggal bayar sejumlah uang, duduk santai dan akan mendapatkan hasil (kurus, langsing, diabetes lenyap)," kata dokter Peter dari RS Pondok Indah - Pondok Indah kepada GridHEALTH, Kamis (21/7/2022).

Ia menekankan, bahwa operasi bariatrik merupakan salah satu cara bagi pasien untuk menjalani hidup baru dan berkomitmen memperbaiki gaya hidup.