Find Us On Social Media :

Hari Anak Nasional 2022 Tepat di Hari Sabtu, 10 Ide Kegiatan Sehat di Rumah Aja Bersama Anak

Hari Anak Nasional 2022, jatuh tepat di hari Sabtu, cobalah 10 ide kegiatan ini untuk memperingatinya bersama anak.

GridHEALTH.id - Menjelang peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini, yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dan tahun ini bertepatan jatuh pada hari Sabtu, maka ketahuilah ide kegiatan di rumah aja bersama anak.

Peringatan Hari Anak Nasional 2022 tetap bisa menyenangkan dengan berbagai kegiatan yang tentu masih harus lebih banyak di rumah saja, mengingat jumlah kasus pandemi Covid-19 yang meningkat.

Dengan cara ini, maka peringatan Hari Anak Nasional 2022 akan tetap sesuai dengan tema yang digunakan di tahun 2022 ini, "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama dengan anak di rumah aja tanpa kehilangan esensi dari peringatan Hari Anak Nasional, diantaranya:

1. Bermain kartu dan jenis permainan lainnya - anak tentu memiliki berbagai macam permainan, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2022 yang tepat di hari Sabtu, sudah saatnya orangtua bermain bersama menggunakan alat-alat permainan yang dimiliki anak dan hindari penggunaan gadget di hari spesial ini.

2. Melihat-lihat foto jadul bersama - mungkin sudah lama sejak terakhir kali melihat foto-foto jadul, dan di Hari Anak Nasional 2022 ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk orangtua kembali mengenalkan kepada anak foto-foto mereka saat masa kecil sambil menceritakan kembali momen-momen lama itu, sehingga membantu anak mengenali kondisi keluarga lebih dekat dan hubungan antara anak-orangtua pun bisa semakin intim.

3. Memasak bersama - memasak bisa menjadi hobi dari anak-anak, jika anak ingin memasak bersama, maka buatlah makanan yang mereka inginkan dan ajarkan kepada mereka cara membuatnya, dengan demikian anak akan memaknai Hari Anak Nasional 2022 sebagai kegiatan yang menyenangkan dan orangtua pun sembari mengajari kepada mereka menghargai proses dari pembuatan sebuah makanan, keterampilan anak pun bertambah.

4. Membereskan rumah bersama - membersihkan rumah bersama bisa menjadi ide kegiatan di rumah aja yang menarik jika dilakukan bersama dan tanpa ada paksaan, tujuannya adalah mengajarkan kepada anak sedikit demi sedikit arti dari sikap bertanggung jawab dengan lingkungan, sehingga aktivitas membereskan rumah tetap terasa menyenangkan dan makna dari peringatan Hari Anak Nasional 2022 pun tetap bisa dirasakan.

5. Menonton film bersama - saat ini akses untuk menonton film sudah ada di mana saja, dengan tetap di rumah aja, orangtua tetap bisa mengajak anak untuk menonton film bersama, carilah tontonan yang ringan, namun tetap mengedukasi anak, sehingga anak merasa senang selama menonton dan anak dapat mencontoh hal-hal baik dari film.

Baca Juga: Jelang Peringatan Hari Anak Nasional, Tropical Kampanyekan Go Green Generasi Peduli

 6. Membuat kerajinan tangan - Hari Anak Nasional 2022 juga dapat dimaknai dengan membuat kerajinan tangan bisa dimulai dari barang-barang tidak ,terpakai di dalam rumah, sehingga membantu melatih kreativitas anak dan mengajarkan anak pentingnya mendaur ulang sebuah benda.

7. Lakukan aktivitas favorit anak di rumah secara bersama-sama - karena ini adalah peringatan Hari Anak Nasional 2022, maka anak adalah kunci dari kegiatan ini, jika orangtua bingung dengan apa yang ingin dilakukan bersama anak, orangtua bisa menanyakannya langsung pada anak kegiatan yang disuka saat di rumah, lalu lakukanlah bersama sehingga terasa semakin spesial.