Find Us On Social Media :

Menilik Manfaat dan Kandungan Nutrisi Bawang Putih Menurut TCM

Ini manfaat dan kandungan nutrisi dari bawang putih yang telah direkomendasikan oleh TCM.

GridHEALTH.id - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sudah sangat dikenal memiliki banyak manfaat dan digunakan sebagai bahan dari pengobatan rumahan.

Kandungan khasiat yang banyak dari bawang putih menyebabkan bawang putih menjadi salah satu primadona diantara jenis bumbu dapur lainnya dalam pengobatan alami, tidak terkecuali dengan Traditional Chinese Medicine (TCM).

TCM memiliki penilaian tersendiri dalam penggunaan bawang putih, mulai dari nilai nutrisi menurut TCM hingga pemanfaatan bawang putih sebagai bahan pengobatan.

Dalam TCM, bawang putih memiliki nilai kandungan nutrisi yang digunakan untuk menguatkan fungsi organ yang tergolong di dalam Yang.

Rasa dari bawang putih digolongkan oleh TCM dalam catatan nutrisinya sebagai bumbu dapur yang memiliki rasa manis, asin, dan pedas, serta bersuhu panas.

Suhu panas yang identik dengan bawang putih harus menjadi perhatian khusus, agar tidak mengkonsumsi makanan dengan suhu panas atau dingin terlalu banyak karena untuk mencegah ketidakharmonisan elemen suhu di dalam tubuh.

Jika di dalam tubuh suhunya tidak stabil dan netral, maka pengobatan tidak bisa berjalan maksimal dan masih berisiko menimbulkan penyakit baru.

Pengobatan menggunakan bawang putih dianggap berkaitan erat dengan saluran pada LU merujuk pada meridian paru-paru, ST merujuk pada meridian perut, SP merujuk pada meridian limpa, HT merujuk pada meridian hati, dan LV merujuk pada meridian liver.

Manfaat khusus dari kandungan nilai nutrisi yang dimiliki bawang putih dan telah dinilai oleh TCM adalah dapat menghilangkan racun, mensirkulasikan Qi, mengurangi kelembapan, mengeluarkan angin, hingga menghilangkan dahak.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Menurunkan Kadar Kolesterol, Diantaranya Bawang Putih

 Dengan kemampuan dari kandungan nilai nutrisinya, bawang putih direkomendasikan oleh TCM sebagai bahan alami yang bisa untuk salah satunya, mengobati masuk angin.

Berdasarkan catatan dari teks medis Cina kuno, disebutkan bahwa konsumsi bawang putih akan membawa bawang putih yang masuk ke dalam tubuh memasuki paru-paru, jantung, perut, limpa, dan hati.