Find Us On Social Media :

Cegah Stunting, UGM Bersama Dengan Danone Luncurkan Buku Seri Cegah Stunting Untuk Edukasi Masyarakat

UGM bersama Danone meluncurkan empat seri buku untuk cegah stunting dalam rangka edukasi kepada masyarakat.

GridHEALTH.id – Permasalahan stunting masih menghadapi tantangan besar di Indonesia, meskipun angka stunting mengalami penurunan namun masih jauh dari target yang diharapkan.

Indonesia sendiri memasang target penurunan prevelansi stunting bisa capai 14% pada tahun 2024.

Oleh karena itu, UGM, sebagai akademisi bersama dengan Danone, sebagai pihak swasta yang berkomitmen membantu pemerintah menyelesaikan masalah stunting di Indonesia, menginisiasi pembuatan buku dan meluncurkan buku seri cegah stunting sebagai salah satu upaya edukasi kepada masyarakat.

Buku cegah stunting ini terdiri dari empat seri yang diharapkan bisa menjadi bahan peningkatan edukasi kepada masyarakat dan diterapkan dalam keseharian.

Keempat buku seri cegah stunting ini memiliki penekanan yang berbeda-beda dalam setiap pembahasannya, inti dari keempat seri buku cegah stunting ini, yaitu:

1. Seri Cegah Stunting 1 - Pengenalan untuk Keluarga dan Komunitas

Pada buku seri cegah stunting 1 ini diharapkan bisa menjadi seri pengenalan bagi keluarga dan komunitas, seperti posyandu mengenai peran yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting.

2. Seri Cegah Stunting 2 - Gizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Pada buku seri cegah stunting kedua ini ditujukan untuk calon pengantin dan calon ibu yang ingin memiliki anak agar teredukasi mengenai kebutuhan ibu hamil yang berpengaruh pada pertumbuhan calon anak.

Baca Juga: Cegah Stunting Dengan Menciptakan Generasi Remaja Putri Bebas Anemia

 3. Seri Cegah Stunting 3 - Menu Lokal untuk Bayi 6-11 Bulan

Pada buku seri cegah stunting ketiga ini fokus pada pertumbuhan bayi usia 6-11 bulan dalam bentuk pemberian rekomendasi menu terbaik untuk menjadi bahan MPASI dan telah disesuaikan dengan bahan pangan lokal dari kesembilan daerah di Indonesia.