Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ini Latihan yang Dapat Membantu Mengiduksi Persalinan

Berjalan kaki, latihan di trimester 3 yang dapat menginduksi persalinan.

GridHEALTH.id -  “Sebenarnya tidak ada latihan yang terbukti menyebabkan wanita melahirkan jika tubuh Anda belum memulai prosesnya,” jelas Dr. Heather Irobunda, MD dan OB/GYN yang berpraktik di New York City.

Namun, kita membantu mempersiapkan tubuh untuk apa yang akan datang. “Biasanya, olahraga membantu transisi tubuh kita dari proses persalinan awal menjadi proses persalinan yang lebih aktif.”

Pada dasarnya, itu berarti dapat membantu mendorong persalinan dengan menyesuaikan posisi bayi dengan benar serta meningkatkan kesejajaran ibu dengan menyebabkan lebih banyak beban ditempatkan pada serviks, yang meningkatkan isyarat ke tubuh dan, lebih khusus, rahim.

Kardio ringan, seperti berjalan, adalah salah satu cara untuk membantu kemajuan proses ini. Jika merasa nyaman, Irobunda juga menyarankan untuk melakukan beberapa gerakan berdampak rendah seperti jongkok dan lunge.

Kita juga dapat duduk di atas bola latihan lalu menggerakkan bolong untuk membantu membuka pinggul dan membiarkan bayi duduk lebih rendah di panggul, membantu tubuh mengetahui bahwa sudah waktunya untuk melahirkan.

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Aman untuk Kehamilan Trimester Ketiga

Baca Juga: Alergi Air Tak Bisa Kena Air Mata Bahkan Keringat Sendiri, Kondisi Langka Berisiko Nyawa, Ini Gejala dan Pengobatannya

Jangan khawatir, sebenarnya, aman untuk melakukan olahraga secara umum saat hamil, “Asalkan gerakannya tidak lebih berat dari tingkat kebugaran Anda sebelum awal kehamilan Anda,” kata Dr. Irobunda.

Tetapi olahraga mungkin tidakdirekomendasikan untuk wanita dengan kondisi medis tertentu atau kehamilan berisiko tinggi.

Irobunda sekali lagi menekankan, bahwa latihan yang aman untuk ibu hamil di trimester tiga adalah jalan kaki, berenang, yoga kehamilan dan senam kehamilan. Dua yang terakhir ini harus berada di bawah pengawasan ahli. (*)